Anda Penggemar Seafood? Ini Dia Resep Masakan Cumi Saus Tiram Paling Lezat!

Anda penggemar masakan laut atau seafood? Masakan laut atau seafood memang merupakan salah satu jenis masakan yang paling digemari banyak orang, karena daging hewannya yang gurih dan memiliki tekstur yang menarik. Tak heran jika masakan seafood biasaya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan masakan yang menggunakan telur, daging ayam, bahkan daging sapi.

Jika Anda mengaku salah satu penggemar seafood, tentunya Anda pernah mencicipi masakan olahan cumi-cumi, bukan? Jenis ikan satu ini memiliki daging yang kenyal, namun rasa yang cenderung tawar. Tak heran jika salah dalam mengolahnya, daging cumi-cumi bisa terasa seperti karet ban! Namun kuncinya adalah tidak memasak terlalu lama, serta menggunakan bumbu masak yang sedap. Salah satu pilihan bumbu yang biasa bersanding dengan daging cumi-cumi ini adalah saus tiram. Saus yang berasal dari kerang atau tiram ini memiliki rasa yang sangat gurih, sehingga cocok untuk daging cumi-cumi yang kenyal. Simak resep masakan cumi saus tiram berikut ini. Yuk, dicoba!

23. cumi saus tiram

Bahan-Bahan:

-350 gram cumi, dibersihkan dan dipotong sesuai keinginan

-1 buah jeruk nipis

-5 sdt saus tiram

-5 sdt kecap manis

-5 sdt saus tomat

-1/2 sdt garam

-1/2 sdt merica bubuk

-8 siung bawang putih, dirajang halus

-2 genggam asparagus

-3 sdt gula pasir

-2 batang daun bawang, diiris tipis

-1 buah bawang bombay, diiris tipis

-3 sdm minyak

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama cara membuat masakan cumi saus tiram adalah merendam terlebih dahulu daging cumi di dalam air perasan jeruk nipis. Selain direndam, lumuri juga daging cumi menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan selama 30 menit agar semakin meresap ke dalam daging cumi. Hal ini dilakukan agar daging cumi tidak amis dan rasanya semakin sedap untuk dimakan.
  2. Setelah lewat 30 menit, saatnya memasak! Panaskan minyak di atas wajan, kemudian masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum.
  3. Setelah bawang tercium harum, masukkan saus tiram, kecap manis, dan saus tomat. Aduk ketiga bahan hingga tercampur rata dan mengeluarkan wangi saus yang sedap. Masukkan daun bawang dan asparagus, kemudian masukkan juga bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir dan merica. Aduk lagi hingga rata.
  4. Setelah bumbu sudah matang, masukkan daging cumi dari rendaman air perasan jeruk nipis tadi, kemudian masak hingga daging cumi agak kaku atau mengeras.
  5. Jika dirasa sudah matang, matikan api dan segera angkat cumi saus tiram Anda dari atas wajan. Sajikan hangat-hangat bersama seporsi nasi hangat!

Tips:

-Pastikan Anda sudah membersihkan daging cumi dengan benar. Singkirkan kulitnya serta tinta cumi. Jika masih ada tinta cumi yang tersisa, rasanya akan terasa pahit dan merusak seluruh masakan Anda.

-Jika dimasak terlalu lama, daging cumi akan semakin mengeras dan terasa seperti karet, sehingga tidak enak untuk dimakan. Jadi, pada resep masakan cumi saus tiram ini, hindari memasak daging cumi terlalu lama dengan memasukkan daging cumi pada langkah terakhir sebelum diangkat.

-Jika Anda menginginkan bumbu atau saus yang lebih kental lagi dengan memasaknya lebih lama, angkat terlebih dulu daging cuminya agar tidak semakin kaku, masak sausnya lagi, kemudian taruh kembali daging cumi agar semakin matang.

 

Itulah beberapa bahan dan langkah yang diperlukan di dalam resep masakan cumi saus tiram. Anda dapat membuatnya untuk makan siang atau makan malam keluarga Anda. Resep ini akan membuat cukup porsi untuk 2-3 orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office