Camilan Enak Buatan Sendiri: Resep Kue Bawang Kentang

Bagi Anda yang menyenangi camilan atau snack, mungkin Anda pernah mendengar bahkan mencicipi salah satu camilan khas Indonesia ini, kue bawang atau keripik bawang. Kue bawang merupakan sebuah jenis camilan yang banyak beredar di Indonesia. Bagi Anda yang bahkan belum pernah melihat penampakannya, mungkin Anda langsung membayangkan kue yang mirip onion rings, atau bawang bombay yang digoreng. Bukan! Kue bawang adalah sejenis keripik yang menggunakan cukup banyak bawang merah di dalam adonannya, namun bukan sebagai bahan utama. Kue bawang ini biasanya hanya menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, namun kini Anda juga dapat menggunakan resep kue bawang kentang, di mana kentang juga berperan sebagai bahan utama.

5. bawang kentang

Kue bawang kentang ini bisa menjadi alternatif camilan Anda dan anak-anak di rumah, atau bisa juga sebagai camilan untuk lebaran nanti. Anda bahkan bisa memulai bisnis kue bawang, lho. Tertarik untuk mencoba? Oh iya, salah satu tips jitu untuk cara membuat kue bawang kentang yang enak dan gurih adalah menggunakan bawang merah yang banyak. Selain itu, penggunaan seledri yang banyak pun akan membuat kue bawang Anda semakin harum. Slurrrp!

 

Bahan-Bahan:

-1 kg tepung terigu protein sedang atau rendah

-400 gram kentang, rebus

-2 butir telur

-6 siung bawang merah, haluskan

-5 siung bawang putih, haluskan

-3 sdm mentega

-3 cangkir air

-1 sdm penyedap rasa

-garam dan micin secukupnya

 

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu dengan kentang yang sudah direbus dan dihaluskan terlebih dulu. Gunakan tangan Anda yang sudah dibersihkan terlebih dulu, atau gunakan sarung tangan plastik.
  2. Setelah rata, masukkan telur, bawang putih dan merah, mentega, air, serta semua bumbu penyedap rasa. Masukkan bahan-bahan tersebut satu persatu setelah bahan sebelumnya sudah diaduk dengan rata. Aduk adonan hingga kalis.
  3. Langkah ketiga dalam resep kue bawang kentang adalah menggiling adonan tepung dan kentang yang sudah kalis tadi. Giling hingga Anda mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Ingat, jangan terlalu tebal agar tidak bantet dan jangan terlalu tipis juga agar nyaman saat dimakan.
  4. Setelah adonan digiling dan menjadi tipis, potong-potong adonan sesuai bentuk kue yang Anda inginkan. Anda bisa membuatnya seperti stick dengan panjang 5 cm, atau Anda juga bisa membuatnya seperti keripik yang lebar dan panjang.
  5. Setelah adonan dipotong-potong berdasarkan bentuk keinginan Anda, goreng adonan di dalam minyak panas dengan api sedang. Goreng adonan hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan kue bawang kentang Anda yang sudah jadi. Sajikan bersama saus tambahan seperti mayonaise, saus sambal atau saus tomat agar menjadi semakin sedap!

 

Tips:

-Penggunaan bawang putih dan bawang merah bisa Anda kurangi atau Anda tambah sesuai selera. Jika Anda ingin menambahkan bawang merah agar kue menjadi lebih enak dan cantik, jangan tambahkan terlalu banyak karena dapat mempengaruhi rasa.

-Untuk kue bawang kentang yang lebih harum, Anda dapat menambahkan beberapa sendok makan daun seledri yang sudah dicincang, atau sesuai dengan selera Anda.

 

Nah, walaupun langkah-langkah dalam resep kue bawang kentang di atas cukup melelahkan dan membutuhkan waktu yang lama, namun hasilnya adalah camilan yang super banyak dan cukup untuk berhari-hari. Kue bawang kentang sangat cocok untuk menjadi camilan sehari-hari atau mengisi toples-toples cantik Anda di saat hari lebaran. Dijamin si kecil akan ketagihan dengan rasa gurih, renyah, dan harum kue bawang kentang Anda ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office