Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Agar Empuk

Daging Kambing

Daging kambing yang empuk merupakan kunci kenikmatan dari berbagai masakan yang menggunakan daging ini sebagai bahan utamanya, entah itu sate atau pun gulai. Seenak apa pun bumbunya namun bila tekstur dagingnya keras maka semuanya menjadi sia-sia dan terasa hambar. Untuk itu diperlukan pengolahan daging yang tepat sebelum daging tersebut dimasak.

Sayangnya, kebanyakan orang di Indonesia masih mengolah daging kambing dengan cara biasa bahkan tanpa pengolahan sama sekali, sekedar mencucinya hingga bersih lalu kemudian dimasak. Padahal daging yang diolah dengan cara demikian akan memiliki tekstur yang alot dan membutuhkan waktu masak yang sangat lama untuk mendapatkan tekstur daging yang ideal.

Beberapa artikel menyebutkan bahwa dengan memukul-mukul daging menggunakan alat pemukul khusus sebelum dimasak dan memasaknya dalam waktu yang lama dapat melunakkan tekstur daging sehingga setelah matang daging menjadi empuk. Hal tersebut memang benar, namun memukul dan memasak daging terlalu lama bisa menghilangkan kandungan gizi dan rasa asli daging itu sendiri. Sehingga meski pun akhirnya daging akan empuk namun rasa dagingnya akan berkurang.

Selain cara di atas, ada cara lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, yaitu menggunakan jahe untuk mengolah daging kambing agar empuk. Bahkan cara ini menjadi rahasia restoran-restoran besar yang memiliki menu daging kambing. Dengan menggunakan jahe, rasa daging kambing tidak akan hilang bahkan menjadi lebih kuat lagi.

Berikut cara pengolahannya :

  1. Siapkan jahe, cuci hingga bersih lalu parut hingga benar-benar halus. Banyaknya jahe disesuaikan dengan banyaknya daging kambing yang akan diolah.
  2. Cuci daging kambing hingga benar-benar bersih lalu tiriskan airnya dan letakkan daging kambing tersebut di dalam wadah besar.
  3. Jahe yang sudah diparut tadi campur dengan sedikit air , lalu remas-remas sebentar.
  4. Lumuri daging kambing dengan jahe tadi hingga benar-benar merata lalu tutup agar tidak kotor. Biarkan selama satu jam dan daging kambing siap untuk dimasak.

Mudah bukan? silahkan untuk mencoba cara mengolah daging kambing agar empuk di atas. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office