Cemal Cemil Istimewa: Resep Kue Akar Kelapa

                Camilan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali varian dan macam. Dari berbagai jenis camilan, kue kering adalah salah satu pilihan untuk mengisi waktu luang Anda. Salah satu dari jenis kue kering yang dapat Anda jadikan pilihan adalah kue akar kelapa.

86. kue akar kelapa

                Kue akar kelapa adalah salah satu jenis camilan yang merupakan kuliner khas Indonesia. Kue akar kelapa memiliki tekstur yang sangat renyah sehingga cocok untuk camilan Anda sehari-hari. Selain itu, kue akar kelapa juga memiliki rasa yang cukup manis, sehingga si kecil pasti suka dengan kue kering ini. Kue ini dinamakan akar kelapa karena bentuknya yang bergerigi seperti akar kelapa, yang kemudian menjadi ciri khas dari kue kering ini. Anda dapat mencoba resep kue akar kelapa berikut ini di rumah.

Bahan-Bahan:

-1 bungkus tepung ketan putih

-100 gram gula pasir kasar

-50 gram wijen

-65 ml santan kental

-3 butir telur

-vanili bubuk secukupnya

-minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk membuat resep kue akar kelapa adalah mencampur beberapa bahan. Pertama, kocoklah telur dan gula menggunakan mixer berkecepatan tinggi sampai mengembang dan membentuk adonan kaku. Kemudian matikan mixer setelah adonan mengembang sempurna.
  2. Kemudian masukkan vanili bubuk dan aduk lagi adonan hingga rata, kali ini menggunakan spatula atau sendok kayu saja.
  3. Jika sudah tercampur rata, masukkan santan, tepung ketan dan wijen secara bergantian dan dengan perlahan. Masukkan ketiga bahan tersebut sambil diaduk hingga adonan merata.
  4. Kini adonan kue akar kelapa Anda sudah jadi! Saatnya menggoreng adonan kue akar kelapa Anda.
  5. Berikutnya, panaskan minyak di atas wajan namun jangan sampai terlalu panas. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa, yang dapat Anda beli di supermarket atau di toko bahan-bahan kue.
  6. Selanjutnya, putar cetakan kue perlahan tepat di atas wajan, agar adonan kue langsung jatuh ke dalam minyak panas. Goreng kue akar kelapa hingga matang dan berubah warna menjadi kekuningan.
  7. Terakhir, jika kue akar kelapa Anda sudah matang dan kering, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga kue tidak lagi mengeluarkan uap panas, dan sajikan di dalam toples cantik Anda!

Tips:

-Anda akan mendapati tekstur adonan kue yang agak lembek, jadi tidak perlu menambahkan tepung terigu untuk membuatnya lebih padat. Jika Anda menambahkan tepung, adonan akan menjadi keras sehingga sulit untuk dicetak.

-Cetak adonan langsung di atas minyak panas agar hasilnya lebih renyah. Jangan mencetak adonan di atas wadah lainnya.

-Saat menggoreng, tutuplah sisa adonan yang belum digoreng menggunakan kain lap di atasnya agar adonan kue menjadi lebih awet, seperti jika disimpan di dalam wadah kedap udara.

-Untuk membentuk adonan, Anda dapat mengkreasikan cara sendiri. Anda dapat membentuk adonan dengan cara mengatur putaran sehingga adonan berbentuk obat nyamuk. Anda juga dapat membentuknya memanjang putus-putus, atau membentuk huruf S.

-Jangan menggunakan adonan untuk digoreng keesokan harinya, karena santan mentah tidak dapat bertahan terlalu lama hingga berhari-hari.

-Jika Anda hendak menyimpan sebentar adonan, jangan simpan adonan kue di dalam lemari es karena dapat menyebabkan adonan kue Anda menjadi keras dan sulit dicetak.

Nah, itulah resep kue akar kelapa yang dapat Anda coba di rumah. Cara membuat kue akar kelapa di atas sangat mudah, bukan? Jadi, Anda dapat mencobanya di rumah untuk membuat camilan enak rumahan. Selamat makan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office