Ganti Resep Cupcake Modern Anda dengan Resep Kue Mangkok Tepung Beras Ini, Yuk!

Cupcake atau kue mangkuk adalah salah satu jenis hidangan kue yang banyak digandrungi masyarakat belakangan ini. Rasa kuenya yang enak dan lembut, serta hiasan atau dekorasinya yang dapat disesuaikan dengan keinginan membuat cupcake menjadi kue paling dicari saat ini. Namun biasanya, cupcake yang kita tahu sekarang adalah kue mangkuk yang resepnya berasal dari luar negeri. Banyak masyarakat yang berkiblat ke sana dalam hal membuat cupcake. Kita sebagai orang Indonesia sebenarnya memiliki cupcake juga, lho. Namun cupcake kita lebih tradisional dan sederhana, yakni terbuat dari tepung beras.

Banyak yang belum mengetahui resep kue mangkok tepung beras karena kurang familiar dan biasanya tidak dibuat di dalam keluarga, sehingga generasi sekarang kurang mengetahui tentang kue mangkok ini. Nah, untuk membuat kue kali ini, bagaimana jika kami memberi Anda informasi tentang cara membuat kue mangkok tepung beras?

3

Bahan-Bahan Utama:

-35 gram tepung terigu protein sedang

-65 ml air hangat

-2 sdt ragi instan

 

Bahan-Bahan:

-150 gram tepung beras

-25 gram tepung sagu

-75 gram tepung terigu protein rendah

-150 gram tape singkong, dihaluskan

-1 butir telur

-1/4 sdt garam

-225 gram gula pasir

-200 ml santan hangat (yang terbuat dari 1/4 buah kelapa)

-bahan pewarna merah muda

-100 gram ketan hijau, diperas lalu tiriskan

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep kue mangkok tepung beras adalah campurkan semua bahan-bahan utama, lalu aduk hingga rata. Setelah teraduk dengan rata, diamkan adonan utama selama kurang lebih 30 menit.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, campurkan tepung beras dengan tepung sagu, tepung terigu serta tape singkong. Aduk rata dengan cara diremas-remas menggunakan tangan. Pastikan tangan Anda sudah bersih atau gunakan sarung tangan bersih, ya.
  3. Setelah adonan tepung dan tape tadi sudah rata, masukkan adonan utama yang sudah didiamkan tadi ke dalam wadah adonan tepung dan tape. Aduk dengan menggunakan tangan juga atau diuleni. Lakukan hingga rata.
  4. Setelah rata, masukkan gula pasir dan garam, lalu aduk lagi dengan diuleni sampai rata.
  5. Masukkan santan hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi. Masukkan santan ke dalam adonan sambil diaduk perlahan, lalu setelah santan habis, aduk lagi hingga rata atau sekitar 20 menit. Lalu, diamkan adonan selama 90 menit.
  6. Sebelum diberikan pewarna, bagilah adonan menjadi dua bagian.
  7. Terakhir, masukkan pewarna merah muda ke dalam adonan pertama, dan masukkan

ketan hijau yang sudah diperas dan ditiriskan tadi ke dalam adonan kedua, sehingga Anda akan mendapatkan adonan bewarna merah dan bewarna hijau. Aduk kedua adonan hingga merata dan siap dipanggang.

  1. Nah, sekarang saatnya memanggang! Sebelum itu, kue mangkok ini akan dimasak menggunakan pengukus, jadi siapkan dulu air panas serta cetakan kuenya. Anda bisa menggunakan cetakan muffin atau cupcake biasa.
  2. Panaskan terlebih dulu cetakan kue mangkok selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan api besar.
  3. Dengan api masih menyala, tuanglah adonan kue mangkok Anda ke dalam cetakan kue hingga penuh. Lakukan langkah ini berkali-kali hingga adonan habis.
  4. Setelah cetakan kue penuh, kukuslah adonan selama 15 menit dengan api besar hingga matang.

 

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang resep kue mangkok tepung beras, bukan? Jadi, tidak ada salahnya untuk mengganti resep cupcake atau muffin Anda yang biasa dengan resep kue mangkuk yang lebih tradisional khas Indonesia ini. Selain sebagai selingan, Anda pun dapat mengenalkan kuliner khas Indonesia pada anak-anak Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office