Icip-Icip Kuliner khas Indonesia: Resep Sayur Asem Betawi

Indonesia memiliki banyak sekali jenis olahan sayur yang dapat Anda coba. Semuanya tentu memiliki kandungan nutrisi yang baik karena terbuat dari sayuran segar yang dapat ditemukan di Indonesia. Beberapa di antaranya mungkin menjadi menu makan harian Anda, seperti sayur bayam, tumis sawi, cah kangkung, atau sayur asem. Nah, olahan yang terakhir ini yang akan kami ulas pada artikel kali ini, yakni tentang cara membuat sayur asem betawi.

Sayur asem betawi adalah jenis olahan sayur yang sehat namun sederhana, karena resep sayur asem betawi tidak membutuhkan banyak bahan sayuran, namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Ada beberapa versi dari sayur asem sendiri, namun sayur asem betawi memiliki ciri khasnya sendiri yaitu kuah sayurnya yang agak keruh atau kecokelatan. Hal ini didapatkan dari asam jawa yang menjadi salah satu bahan utama pada sayur asem betawi. Selain bahannya yang sederhana namun tetap bergizi, rasanya yang enak dan cara pembuatannya yang mudah pun menjadikan sayur asem betawi sebagai sajian sayur favorit. Penasaran dengan resep dan cara pengolahan sayur asem betawi? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

16. sayur asem betawi (2)

Bahan-Bahan:

-20 gram asam jawa

-1/2 sdm gula pasir

-1/2 sdm garam

-12 cangkir air, atau 2,500 ml air

-2 lembar daun salam

-1 buah jagung manis

-50 gram kacang tanah

-100 gram labu siam

-50 gram melinjo

-150 gram nangka muda

-50 gram pepaya muda

 

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

-5 butir kemiri, disangrai

-6 butir bawang merah

-4 siung bawang putih

-1/2 sdt terasi bakar

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama pada resep sayur asem betawi adalah merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Kemudian, masukkan bumbu lengkuas dan daun salam, serta bahan-bahan bumbu yang telah dihaluskan bersamaan. Masaklah semua bumbu tersebut hingga matang dan tercium harum.
  2. Setelah air rebusan tercium harum, masukkan melinjo, kacang tanah, nangka muda, serta jagung manis yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian sebelumnya. Masaklah semua bahan tersebut hingga setengah matang.
  3. Jika bahan-bahan di dalam rebusan sudah menjadi setengah matang, masukkan bahan selanjutnya yakni pepaya muda, labu siam, serta bumbu pelengkap yakni gula dan garam. Terakhir, masukkan asam jawa dan daun melinjo. Oh iya, sebelum asam jawa dimasukkan, larutkan terlebih dulu menggunakan 4 sdm air, ya.
  4. Langkah terakhir adalah memasak semua bahan tersebut hingga benar-benar matang. Jangan menggunakan api kompor yang terlalu besar, cukup gunakan api sedang saja.
  5. Setelah matang, matikan api dan sajikan hangat-hangat dengan sepiring nasi dan lauk. Mantap!

 

Nah, itulah beberapa bahan dan langkah yang diperlukan pada resep sayur asem betawi ini. Sayur asem betawi sangat cocok untuk disantap saat makan siang dan makan malam, tentunya dengan lauk pauk berprotein seperti ikan atau ayam goreng. Bagi Anda yang penggemar pedas, Anda juga dapat menyajikan sayur asem betawi dengan sambal yang pedas, beserta lauk pauk berupa ikan atau ayam goreng, serta tak lupa sepiring nasi hangat dan kerupuk emping sebagai pelengkap. Wah! Makan siang atau makan malam Anda bersama keluarga akan sangat menyenangkan dengan sajian tradisional Indonesia yang super sedap! Oh iya, resep ini akan menghasilkan sayur asem betawi yang cukup untuk disantap oleh 3-4 orang. Cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office