Ide Makan Siang Keluarga: Resep Masakan Bistik Daging Sapi

Siapa yang tidak menyukai salah satu sumber protein dan lemak ini, yakni daging sapi? Sepertinya apa pun masakan atau olahan dari daging sapi, rasanya pasti gurih dan sedap untuk dinikmati. Tekstur serta rasanya sendiri yang sudah gurih melengkapi cita rasa masakan dari daging sapi. Tak heran jika daging sapi menjadi salah satu pilihan daging terfavorit di Indonesia. Nah, kali ini kami akan memberikan Anda resep masakan bistik daging sapi sebagai salah satu dari banyaknya cara pengolahan daging sapi. Cara membuat masakan bistik daging sapi ini cukup mudah dan dapat dilakukan dengan waktu yang cukup singkat. Sudah tak sabar ingin mencicipi juicy-nya bistik daging sapi?

2. bistik daging sapi

Resep masakan bistik daging sapi yang akan Anda buat membutuhkan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, terutama soal daging sapinya. Daging sapi yang baik akan menghasilkan masakan yang baik pula, jadi pastikan daging sapi yang Anda gunakan masih fresh, ya! Begitu juga dengan beberapa bahan pelengkap lain yang akan menemani si daging.

 

Bahan-Bahan:

-250 gram daging sapi has dalam

-2 sdm margarin

-100 ml air

 

Bahan-Bahan Bumbu, diaduk rata:

-2 sdm saus BBQ

-1 sdm kecap manis

-2 sdm bumbu penyedap favorit Anda

-1 sdm susu bubuk

-1/2 sdt merica bubuk

-1/2 sdt pala bubuk

-1/2 sdt gula pasir

-1 sdt garam

 

Bahan-Bahan Pelengkap:

-200 gram kentang (bisa diganti dengan nasi jika diinginkan)

-200 gram sayuran beku

-4 lembar daun selada

 

Langkah-Langkah:

  1. Iris-iris daging sapi has dalam yang sudah Anda cuci terlebih dulu. Kemudian pukul-pukul menggunakan alat khusus, atau tusuk-tusuk daging menggunakan garpu hingga potongan daging menjadi pipih. Langkah ini dilakukan untuk membuat daging menjadi lembut.
  2. Siapkan bahan-bahan bumbu yang sudah diaduk rata, lalu balurkan bumbu pada irisan-irisan daging sapi. Remas-remas daging dengan bumbu sampai rata agar bumbu semakin meresap ke dalam daging. Setelah diolesi rata, diamkan daging selama 30 menit agar bumbu dapat lebih meresap.
  3. Setelah bumbu meresap, saatnya memasak daging sapi. Lelehkan margarin terlebih dulu di dalam wajan anti lengket, lalu masak daging yang sudah dibumbui. Perhatikan api kompor agar tidak terlalu besar sehingga daging bisa gosong. Tunggu hingga daging mulai matang dan berubah warnanya.
  4. Sebelum daging matang, masukan air ke dalam wajan, lalu masak daging hingga benar-benar matang.
  5. Setelah daging Anda matang, angkat dan sajikan bersama kentang yang sudah digoreng dan sayuran beku yang sudah direbus terlebih dulu.

 

Tips:

-Potongan daging sapi has dalam Anda akan menjadi lebih cepat empuk jika sebelum diiris, Anda bersihkan dulu daging sapi dari lemak serta jaringan lemak yang bewarna putih dan keras.

-Jika Anda ingin membuat bumbu semakin meresap sempurna, masukkan daging yang sudah dibalurkan dengan bumbu ke dalam wadah yang tertutup, lalu masukkan ke dalam lemari es selama 1-2 jam.

-Masakan bistik daging sapi ini akan sangat cocok untuk menemani makan siang keluarga Anda. Selain rasanya sedap dan disukai oleh semua kalangan usia, masakan bistik daging sapi ini pun memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kandungan nutrisi yang dimiliki masakan ini adalah kalori (425 kkal), protein (20,5 gram), lemak (26,25 gram), karbohidrat (27,75 gram), serta serat (2,9 gram).

 

Wah, resep masakan bistik daging sapi ternyata tidak sulit, bukan? Kuncinya hanya mengolah daging dengan benar dan pastikan bumbunya meresap sempurna, agar cita rasa masakan setelah matang dapat menjadi super delicious!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office