Ide Santapan Istimewa di Rumah: Resep Masakan Ayam Bumbu Rujak

Terdapat berbagai macam sumber protein yang dapat Anda jadikan makanan untuk santap siang dan malam. Salah satu sajian yang paling mudah dan praktis untuk Anda pilih menjadi santapan yang istimewa adalah sapi, ayam atau ikan. Dari ketiga sumber protein yang berbeda tersebut, ayam adalah sumber protein yang paling mudah untuk diolah, karena Anda tak harus memperhatikan betul tingkat kematangan dan tekstur daging seperti daging sapi, atau takut akan tulang-tulang seperti pada daging ikan. Ayam memiliki banyak sekali varian untuk dapat Anda jadikan pilihan santap siang atau malam. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, ayam yang dikukus atau pepes, hingga ayam yang dipanggang.

75. masakan ayam bumbu rujak

                Salah satu varian ayam yang dapat Anda coba adalah ayam bumbu rujak. Dari namanya, sajian ini sudah terdengar menarik dan sepertinya lezat, bukan? Bumbu rujak yang biasanya digunakan untuk buah-buahan kini juga dapat Anda coba aplikasikan pada daging ayam. Rasanya? Jangan salah! Rasanya gurih, pedas, asam, dan sangat segar saat berpadu dengan daging ayam yang lembut. Resep masakan ayam bumbu rujak pun tidak membutuhkan banyak bahan yang sulit Anda temukan. Langkah-langkah dalam cara membuat masakan ayam bumbu rujak juga tak begitu sulit untuk dilakukan. Ayam bumbu rujak dapat menjadi pilihan Anda saat ingin menyajikan hidangan istimewa di rumah. Namun hati-hati jika Anda ingin menyajikannya untuk anak-anak, karena hidangan ini memiliki rasa yang pedas sehingga kurang cocok untuk anak-anak yang cenderung kurang menyukai pedas.

Bahan-Bahan:

-1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian

-2 batang serai, dimemarkan

-2 lembar daun salam

-3 cm lengkuas, dimemarkan

-1 sdm air asam jawa

-400 ml santan, terbuat dari ½ butir kelapa

-400 ml santan, terbuat dari 1 butir kelapa

-3 sdm minyak, untuk menumis

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

-10 buah cabai merah

-8 butir bawang merah

-4 siung bawang putih

-4 butir kemiri

-3 cm kunyit

-2 cm jahe

-1 sdm garam

-2 sdt gula merah

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep masakan ayam bumbu rujak adalah menumis beberapa bahan. Panaskan minyak di atas wajan, kemudian masukkan bahan-bahan bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, serai, dan lengkuas. Tumis semua bahan hingga mengeluarkan bau harum.
  2. Jangan menumis terlalu lama agar bahan-bahan tidak gosong. Setelah mengeluarkan bau harum, masukkan ayam yang sudah dipotong menjadi empat bagian, kemudian aduk ayam hingga berubah warna.
  3. Berikutnya, masukkan air asam jawa, kemudian aduk sampai rata.
  4. Setelah itu, masukkan santan cair kemudian aduk lagi sampai rata dan biarkan hingga mendidih. Aduk terus dengan pelan agar santan tidak pecah.
  5. Terakhir, bakar ayam yang sudah dibumbui di atas bara api. Masak hingga matang dan biarkan sampai berubah warna menjadi kecokelatan serta mengeluarkan bau yang harum.
  6. Angkat ayam jika sudah matang, dan ayam bumbu rujak Anda pun sudah siap untuk disajikan!

Nah, itulah beberapa bahan serta langkah yang Anda butuhkan pada resep masakan ayam bumbu rujak. Mudah, praktis dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja, bukan? Jika Anda hendak menyajikannya untuk anak-anak, sebaiknya pisahkan beberapa potong ayam untuk dikurangi cabainya pada bumbu olesan. Anda juga dapat menyajikan ayam bumbu rujak dengan kecap manis untuk mengurangi rasa pedasnya. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office