Iseng Membuat Makanan Ringan, Yuk!: Resep Kue Pastel Basah

Kue pastel atau yang biasa disebut dengan karipap ini merupakan salah satu jajanan pasar khas Indonesia yang terbagi menjadi pastel kering dan pastel basah. Perbedaannya terletak pada ukuran serta isian pastel. Pastel basah adalah jenis pastel yang paling banyak dijumpai, yaitu pastel berukuran besar yang biasanya diisi oleh sayur, dan cara masaknya pun digoreng dengan minyak. Sementara pastel kering adalah pastel berukuran kecil atau mini, dan biasanya diisi dengan abon atau ebi kering. Cara masak pastel kering pun menggunakan oven, sehingga berbeda dengan pastel basah.

Kini pastel basah sudah bervariasi dari segi isiannya. Pastel basah yang dulunya hanya berisi sayur seperti kentang dan wortel, kini banyak pastel basah yang diisi oleh telur, smoked beef, mayonnaise, dan lain-lain. Rasa pastel yang netral menjadikannya mudah untuk dikreasikan, sehingga menjadi salah satu favorit ibu-ibu saat membuat makanan ringan pada acara-acara kecil di rumah. Kali ini kami akan memberikan resep kue pastel basah, beserta cara membuat kue pastel basah yang baik dan benar. Yuk, simak artikel berikut ini!

18. kue pastel basah

Bahan-Bahan Kulit:

-175 gram tepung terigu berprotein rendah

-40 gram margarin

-50 ml air panas

-35 ml minyak goreng

-garam secukupnya

Bahan-Bahan Isian:

-100 gram daging cincang ayam

-75 gram bihun, direndam menggunakan air panas

-2 buah wortel, dipotong dadu kecil

-1 buah daun bawang

Bahan-Bahan Bumbu, haluskan:

-2 siung bawang putih

-1 siung bawang merah

-garam, gula, dan merica secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep kue pastel basah ini adalah mengolah bahan isian kue pastel. Panaskan minyak terlebih dulu, lalu saat sudah panas, masukkan bahan-bahan bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan. Setelah itu, tumis hingga bahan-bahan tersebut harum.
  2. Setelah harum, masukkan daging cincang ayam dan masaklah hingga matang serta berubah warna.
  3. Langkah ketiga, masukkan wortel, kemudian aduk sebentar hingga wortel layu. Setelah itu, masukkan bihun yang sudah direndam sebelumnya, kemudian masukkan juga daun bawang, dan berikan garam, merica serta gula secukupnya. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata dan matang. Sisihkan.
  4. Sambil menunggu bahan isian menjadi dingin, kini kita buat bagian kulit kue pastelnya. Langkah pertama, masukkan margarin ke dalam air panas yang sudah disiapkan, lalu aduk hingga mentega meleleh di dalam air panas. Setelah margarin meleleh, masukkan garam serta minyak goreng, kemudian aduk lagi hingga merata.
  5. Jika bagian margarin sudah rata, masukkan ke dalam wadah lain berisi tepung terigu secara perlahan dan masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan semua bagian margarin dan biarkan bercampur dengan tepung terigu, hingga terbentuk adonan yang kalis dan tidak terasa lengket di tangan. Sisihkan.
  6. Gilinglah adonan hingga menjadi cukup tipis, lalu cetak berbentuk bulat. Kemudian, isilah kulit kue pastel dengan bahan isian secukupnya, lalu lipat dengan cara dilipat dua dan tekan-tekan bagian pinggiran kue pastel untuk menutupnya.
  7. Pastikan semua kue pastel sudah tertutup sempurna agar tidak terburai isinya pada saat digoreng. Jika sudah, gorenglah semua pastel Anda dengan minyak panas, kemudian masak hingga matang dan berubah warna.
  8. Angkat, tiriskan, dan tunggu hingga agak dingin sebelum disantap!

Kue pastel basah ini sangat cocok jika dimakan menggunakan cabai rawit atau aneka saus seperti saus sambal, saus tomat, dan mayonnaise. Pada beberapa resep kue pastel basah, Anda pun dapat mengganti isiannya menjadi daging cincang sapi, smoked beef, atau mengganti sayurnya dengan rebung, kentang, dan jenis sayuran lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office