Jajanan Pasar Tradisional: Resep Kue Ongol Ongol

Kue ongol ongol? Pertama kali mendengar namanya, pasti Anda merasa bingung dan merasa tidak pernah mendengar sebelumnya. Kue ongol ongol adalah salah satu jajanan pasar tradisional khas Indonesia, dan menjadi salah satu kue basah tradisional juga. Ongol ongol mungkin terdengar asing, namun Anda pasti pernah melihat penampakan kue jajanan pasar ini minimal sekali. Kue ongol ongol kini sudah cukup sulit untuk dijumpai, karena peminatnya yang mungkin semakin sedikit, akibat tergeser oleh jenis-jenis kue lain yang lebih modern. Namun bagi peminatnya, kue ongol ongol tetap tak tergantikan karena memiliki cita rasa yang khas dan unik.

kue-ongol2

Kue ongol ongol adalah kue basah yang berbentuk kecil atau mini, dan pada umumnya berbentuk bulat seperti onde onde. Ongol ongol memiliki cita rasa yang khas, yaitu manis dengan sedikit rasa gurih yang bisa Anda rasakan di dalam mulut. Selain itu, ongol ongol pun memiliki tekstur yang khas yaitu lembut dan kenyal. Dua hal inilah yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik dari kue ongol ongol. Kue ini memiliki banyak sekali varian, karena dapat dibuat dari beberapa bahan dasar yang berbeda, seperti tepung sagu, hunkwe, atau singkong. Nah, pada resep kue ongol ongol kali ini, kita akan menggunakan bahan dasar dari tepung sagu. Langsung saja yuk, kita intip cara membuat kue ongol ongol berikut ini!

Bahan-Bahan:

-125 gram tepung sagu aren kering
-150 gram gula jawa atau gula merah, iris tipis
-150 gram kelapa muda, kupas lalu parut memanjang
-2 lembar daun pandan, potong
-375 ml air
-garam secukupnya

Langkah-Langkah:
1.    Langkah pertama untuk resep kue ongol ongol adalah mencampurkan beberapa bahan yaitu tepung sagu dan air. Masukkan tepung sagu aren kering ke dalam 150 ml air, lalu aduk dengan rata hingga tercampur sempurna. Sisihkan.
2.    Pada wadah yang berbeda, masukkan sisa air yaitu 225 ml, kemudian masak bersama dengan gula merah atau gula jawa dan daun pandan. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga gula merah atau gula jawa menjadi larut.
3.    Angkat air rebusan, kemudian saring. Setelah mendapatkan air hasil saringannya, masukkan ke dalam campuran tepung sagu dengan air sebelumnya. Masukkan secara perlahan dan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
4.    Setelah adonan tadi teraduk sempurna, masaklah campuran tersebut menggunakan api kecil dan tunggu hingga mendidih serta mengental.
5.    Tanpa menunggu adonan dingin, langsung tuangkan adonan kue Anda ke dalam loyang kue dan ratakan, baru didinginkan.
6.    Tunggu hingga adonan kue Anda terbentuk di dalam loyang dan mengeras saat didinginkan. Keluarkan kue ongol ongol Anda yang sudah jadi jika telah terbentuk sempurna.
7.    Gulingkan kue ongol ongol pada kelapa yang sudah diparut tadi hingga terbalut rata.
8.    Kue ongol ongol Anda sudah siap untuk disajikan!

Nah, itu tadi adalah resep kue ongol ongol yang dapat Anda buat di rumah. Resep di atas menggunakan bahan dasar tepung sagu aren, namun Anda dapat menggantinya dengan tepung tapioka, tepung hunkwe atau singkong. Selain itu, bentuk kue ongol ongol pun dapat Anda sesuaikan dengan selera. Anda dapat membentuknya menjadi bulat, persegi, atau kotak. Kreasikan sesuai dengan kreativitas dan ide Anda. Ajak si kecil untuk membentuk kue ongol ongol sesukanya untuk sekaligus mengenalkan si kecil pada kue basah tradisional khas Indonesia!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office