Kue Basah Khas Indonesia: Resep Kue Mangkok Mekar

Namanya sangat unik ya, kue mangkok mekar. Kue mangkok mekar sebenarnya adalah sebuah jenis kue basah khas Indonesia yang berbentuk kue mangkok, atau cupcake. Kue mangkok ini sendiri adalah salah satu jajanan pasar yang terkenal di Indonesia, dan biasanya terbuat dari tepung beras sehingga memiliki tekstur dan rasa yang unik. Kue mangkok mekar dinamakan ‘mekar’ karena bentuknya yang sangat merekah atau mekar, sehingga berbeda dengan kue mangkok biasa yang ujungnya bulat dan tidak mekar seperti bunga. Bentuk kue mangkok inilah yang menjadi ciri khas dari kue basah ini, dan menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki kue mangkok mekar. Kue mangkok ini biasanya memiliki warna merah muda dan hijau, namun Anda dapat mengkreasikan lagi warna pada kue mangkok untuk tampilan yang lebih fun dan menarik.

Kue mangkok mekar memiliki rasa yang manis, dan kue mangkok mekar memiliki tekstur yang empuk dan lembut sehingga mudah untuk dikunyah. Kue mangkok mekar sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai sajian untuk tamu di rumah saat acara tertentu seperti arisan, kumpul keluarga atau ulang tahun. Menyajikan kue mangkok mekar yang merupakan salah satu kue tradisional Indonesia tak hanya akan menjadi sangat menarik, namun juga menjadi salah satu bentuk pelestarian resep tradisional di Indonesia. Yuk langsung saja kita simak resep kue mangkok mekar di bawah ini!

39. kue mangkok mekar 14

Bahan-Bahan:

-150 gram tape singkong, sebagai pengembang

-250 gram gula pasir

-200 gram tepung besar

-50 gram tepung terigu

-200 ml air panas

-100 ml air dingin

-200 ml air soda

-1 sdt baking powder

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue mangkok mekar adalah mencampurkan tepung beras dengan air dingin. Aduklah kedua bahan tersebut menggunakan tangan, dan aduk hingga adonan menjadi lembab dan tercampur rata.
  2. Setelah itu, tutuplah wadah yang di dalamnya terdapat adonan tepung beras tersebut menggunakan plastik pada bagian atasnya, lalu sisihkan sebentar.
  3. Berikutnya, di dalam wadah yang berbeda, masukkan gula pasir dan tape singkong, kemudian aduk juga menggunakan tangan dan uleni hingga halus.
  4. Jika adonannya sudah halus, tuanglah air panas ke dalam adonan tersebut, lalu aduk lagi adonan hingga menjadi licin dan tidak menempel lagi pada tangan. Sisihkan.
  5. Setelah itu, masukkan adonan tape singkong dan gula tadi ke dalam adonan tepung beras yang sudah ditutupi plastik, kemudian aduk menggunakan tangan hingga adonan tercampur sempurna. Lakukan hal ini sambil menguleni adonan selama kira-kira 15 menit.
  6. Berikutnya, masukkan tepung terigu ke dalam adonan tersebut secara perlahan dan sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Jika tepung terigu sudah dimasukkan semua, berikutnya masukkan baking powder dan air soda ke dalam adonan dan diaduk hingga rata. Adonan sudah siap!
  7. Cara membuat kue mangkok mekar yang berikutnya adalah memanggang adonan kue. Pertama, panaskan terlebih dulu cetakan kue Anda yang sudah diolesi dengan minyak tipis. Setelah panas, masukkan adonan kue mangkok mekar Anda ke dalam cetakan.
  8. Setelah adonan kue sudah dimasukkan semua ke dalam cetakan kue, kukus adonan kue selama kurang lebih 25 menit atau hingga adonan kue Anda mekar dengan sempurna.
  9. Jika sudah matang dan mekar sempurna, keluarkan kue dari dalam pengukus, dan kue mangkok mekar Anda pun siap untuk disajikan!

Resep kue mangkok mekar memang memerlukan bahan dan langkah yang banyak, ya? Namun tidak ada salahnya untuk mengetes skill memasak kue Anda di rumah dengan mencoba resep kue tradisional Indonesia. Jangan hanya mencoba kue-kue dari luar negeri yang modern dan cantik, melainkan juga kue asal negara sendiri! Oh iya, jika Anda ingin warna merah muda pada kue Anda, gunakan pengembang kue yang lain dan campur dengan air gula merah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office