Masakan Khas Nusantara: Resep Coto Makassar Asli

Indonesia adalah negara yang dikaruniai dengan kekayaan alam yang indah dan cantik, serta budayanya yang unik dan menarik. Salah satu dari bagian budaya tersebut adalah sajian kuliner. Ya! Indonesia memiliki banyak sekali sajian kuliner khas dari berbagai macam daerah, tentunya dengan bahan dan cita rasa yang berbeda-beda juga. Tak kalah dengan sajian kuliner dari luar negeri, masakan khas Indonesia pun memiliki cita rasa yang sedap, walaupun terkesan sederhana dan tradisional. Namun justru cita rasa itulah yang senantiasa membuat kita merasa homey.

Salah satu masakan khas dari Indonesia yang paling digemari oleh banyak orang adalah coto Makassar. Sama seperti namanya, coto Makassar adalah sajian kuliner khas yang berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya dari Makassar. Resep coto Makassar asli menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, baik bagian jeroannya atau bagian dagingnya (biasanya bagian paha). Daging sapi kemudian dimasak bersama racikan bumbu sedap dan nantinya disajikan dengan siraman kuah yang gurih dan segar. Wih! Sudah tidak sabar ya sepertinya untuk mencicipi masakan khas Makassar ini? Yuk kita simak cara membuat coto Makassar asli berikut ini.

17. coto makassar asli

Bahan-Bahan Utama:

-1 kg daging sapi, bagian apa saja (lebih baik bagian paha)

-2 liter air tajin atau air cucian beras putih

-5 batang serai, dimemarkan

-5 lembar daun salam

-250 gram kacang tanah, digoreng lalu ditumbuk sampai halus

-3 sdm minyak goreng

-5 cm jahe, dimemarkan

-1 ruas lengkuas, dimemarkan

 

Bahan-Bahan Bumbu, dihaluskan:

-8 butir kemiri, disangrai

-10 siung bawang putih

-1 sdm ketumbar, disangrai

-1 sdt jintan, disangrai

-1 sdm garam

-1 sdt merica butir

 

Bahan-Bahan Pelengkap:

-daun bawang segar, diiris

-seledri segar, diiris

-bawang goreng

 

Langkah-Langkah:

  1. Untuk mengawali resep coto Makassar asli, rebuslah dulu daging sapi dengan beberapa bahan lainnya. Rebuslah daging sapi menggunakan air cucian beras, lalu tambahkan dengan serai, jahe, lengkuas, serta daun salam agar cita rasa daging menjadi semakin enak. Lakukan hal ini sampai daging terasa empuk.
  2. Setelah daging terasa empuk, biarkan hingga dingin terlebih dulu, lalu potong-potong daging dengan bentuk dadu, kemudian pisahkan. Jangan membuang air rebusan daging tadi, karena air rebusan masih akan digunakan di dalam resep ini.
  3. Langkah selanjutnya beralih ke wajan terpisah. Panaskan minyak untuk menumis, kemudian masukkan semua bahan bumbu yang telah dihaluskan terlebih dulu. Tumislah hingga mengeluarkan bau harum.
  4. Setelah bumbu tercium harum, masukkan bumbu tersebut ke dalam kaldu atau air rebusan daging tadi, kemudian panaskan kembali kaldu. Setelah itu, tambahkan juga kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan terlebih dulu. Tunggu hingga air rebusan mendidih, kemudian matikan api. Kuah coto Makassar Anda sudah matang!
  5. Sekarang saatnya menyajikan coto Makassar. Susunlah potongan daging, daun bawang yang sudah diiris, seledri yang sudah diiris, dan sedikit garam. Setelah itu, tuangkan kuah kaldu, kemudian taburkan bawang goreng di atasnya. Jika suka, tambahkan juga sedikit kecap dan air perasan jeruk nipis.

 

Tips:

-Akan lebih baik jika Anda menggunakan presto untuk membuat daging menjadi empuk. Presto akan lebih menjamin keempukan daging sapi.

-Jika Anda menggunakan jeroan sapi, rebuslah jeroan sapi tersebut di dalam panci dengan air biasa, terpisah dengan panci air rebusan berbumbu.

 

Sekarang Anda sudah memahami bahan-bahan serta langkah-langkah yang diperlukan pada resep coto Makassar asli ini, kan? Sajikan hangat-hangat coto Makassar ini dengan sepiring nasi hangat atau ketupat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office