Memilih Kue Kering Cantik untuk Lebaran: Resep Kue Semprit Mawar

Bagi Anda yang tak pernah memesan atau membuat kue lebaran sebelumnya, mungkin Anda merasa asing dengan nama kue yang satu ini, kue semprit mawar. Anda mungkin mencoba menghubung-hubungkannya dengan kue yang menggunakan bahan dasar bunga mawar atau dekorasi yang mirip bunga mawar. Namun jika Anda sudah melihat tampilannya, Anda pasti pernah melihat bahkan mencicipi kue kering menggemaskan yang satu ini!

Kue semprit mawar merupakan sebuah jenis kue kering yang sebenarnya sederhana pada adonannya, namun memang membutuhkan waktu masak yang cukup panjang untuk membuatnya. Kue kering ini dinamakan semprit mungkin karena cara meletakkan adonannya sebelum dipanggang dengan cara disemprot menggunakan piping bag berujung spuit atau bentuk bergerigi, sehingga disederhanakan menjadi semprit. Bentuk yang dihasilkan pun seperti bunga yang mekar, sehingga ditambahkan nama mawar pada bagian belakang nama kue kering ini. Rasanya yang manis dan bertekstur renyah, serta topping di atasnya yang bisa Anda kreasikan dengan bebas, mungkin menjadi daya tarik dari kue kering ini. Ingin mencoba cara membuat kue semprit mawar? Ini dia resep kue semprit mawar.

25. kue semprit mawar 1

Bahan-Bahan:

-500 gram tepung terigu

-150 gram tepung maizena

-400 gram mentega

-400 gram gula halus

-5 butir telur, gunakan bagian kuningnya saja

-3 butir telur, gunakan bagian putihnya saja

-1 sdt garam

-2 sdt vanili bubuk

-margarin secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Untuk langkah pertama dalam resep kue semprit mawar ini, Anda akan mengocok mentega, gula dan kuning telur terlebih dulu. Caranya, masukkan semua mentega yang sudah disiapkan ke dalam sebuah wadah berukuran besar, kemudian tambahkan dengan separuh bagian gula halus. Kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang sempurna, lalu masukkan kuning telur hingga habis dan aduk lagi hingga teraduk rata.
  2. Setelah ketiga bahan tersebut teraduk dengan rata, masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk, serta garam ke dalam adonan. Aduk lagi adonan tersebut hingga rata. Jangan mengocok adonan terlalu kencang atau pelan agar adonan tidak menjadi terlalu keras, supaya nantinya adonan kue mudah untuk dicetak.
  3. Di dalam wadah yang berbeda, masukkan putih telur dan sisa separuh bagian gula halus, lalu kocok kedua bahan tadi hingga rata. Setelah rata, masukkan campuran putih telur dan gula halus tersebut ke dalam adonan pertama. Aduk lagi hingga rata.
  4. Saatnya memanggang adonan, nih! Pertama-tama, siapkan terlebih dulu loyang kue khusus untuk memanggang adonan kue semprit mawar Anda. Olesi terlebih dulu loyang kue menggunakan margarin, tipis saja. Setelah itu, masukkan adonan kue ke dalam piping bag yang bagian ujungnya sudah dipasangkan spuit berbentuk gerigi atau bintang.
  5. Gunting ujung piping bag, kemudian semprotkan adonan kue semprit mawar di atas loyang kue, sesuaikan ukurannya dengan selera. Bentuklah menjadi bentuk bunga mawar agar sesuai dengan namanya. Tambahkan bahan topping atau taburan di atasnya sebelum adonan masuk panggangan.
  6. Masukkan adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama 15-20 menit saja. Pantau terus adonan kue Anda agar tidak menjadi terlalu gosong atau kering.
  7. Jika sudah matang, angkat dan biarkan kue dingin. Kue semprit mawar Anda pun siap disajikan di dalam toples cantik kesayangan!

Resep kue semprit mawar di atas masih belum menggunakan topping atau taburan apa pun untuk di bagian atasnya. Namun Anda masih bisa berkreasi dengan memilih topping kesukaan Anda. Beberapa pilihannya adalah selai buah seperti selai nanas atau selai strawberry, selai cokelat, choco chips, cornflakes, dan potongan buah kering seperti kurma.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office