Menu Berbuka Puasa: Resep Cake Apel Lezat

Pada bulan Ramadhan atau bulan puasa, umat Muslim menjalankan salah satu ibadah wajibnya, berpuasa. Hal ini mengharuskan para Muslim untuk menaham nafsu makan dan minum sepanjang hari, dan nantinya membatalkan puasa saat waktu Maghrib tiba. Berpuasa seharian membuat umat Muslim tak jarang menanti-nanti saatnya berbuka puasa. Selain sebagai momen untuk melepas haus dan lapar, waktu berbuka puasa tak jarang dijadikan sebagai momen berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Nah, sebagai seorang ibu, sudah seharusnya Anda memikirkan makanan apa yang akan disajikan untuk menu berbuka puasa.

Menu Berbuka

Terdapat banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda jadikan sebagai menu berbuka puasa. Sebagai contoh, Anda dapat memilih makanan manis atau asin untuk disantap saat berbuka puasa. Anda juga dapat memilih kudapan atau makanan ringan untuk sekedar membatalkan puasa, atau yang disebut takjil, atau juga makanan berat untuk makan malam. Jika Anda menginginkan makanan kudapan sebelum makan berat, atau takjil, resep cake apel lezat di bawah ini bisa menjadi opsi Anda! Cake apel yang sepintas mirip dengan pie apel ini memiliki rasa yang manis, dengan lapisan bawah yang renyah, serta irisan buah apel yang juga renyah akan sangat lezat dan cocok untuk membatalkan puasa Anda! Yuk intip resepnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

-50 gram apel

-100 gram mentega

-100 gram gula pasir

-4 butir telur

-200 gram tepung terigu, diayak

-1 sdt bumbu spekuk atau bumbu lapis legit

-100 ml krim asam atau sour cream

-gula bubuk secukupnya sebagai bahan taburan

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep menu berbuka puasa ini adalah mengolah buah apel yang akan Anda gunakan. Pertama-tama, kupas buah apel Anda, kemudian iris-iris secara membujur tipis. Setelah itu, rebuslah buah apel Anda yang sudah diiris tadi dengan air serta gula. Rebus hingga gula di dalam air membentuk karamel. Angkat kemudian sisihkan.
  2. Di dalam wadah yang berbeda, kocoklah mentega bersama gula pasir hingga menjadi lembut dan mengembang halus. Setelah itu, masukkan telur satu per satu secara perlahan, sambil terus mengocok adonan Anda. Lakukan hingga telur habis dan adonan menjadi semakin naik dan semakin bewarna pucat.
  3. Berikutnya, masukkan tepung terigu, bumbu spekuk atau bumbu lapis legit, dan juga krim asam ke dalam adonan. Aduk semua bahan hingga tercampur sempurna. Adonan Anda kini sudah jadi!
  4. Kini saatnya menyiapkan loyang kue. Ambillah loyang berbentuk bulat dan berdiameter 20 cm, kemudian olesi menggunakan mentega dan taburi sedikit dengan tepung terigu.
  5. Jika loyang kue sudah siap, tuangkan adonan kue Anda ke dalam loyang, lalu ratakan. Saat adonan kue sudah masuk semua, susunlah semua irisan buah apel Anda di atas adonan kue tersebut. Susun dengan rapi hingga nantinya hasil cake apel Anda akan terlihat cantik.
  6. Panggang adonan kue Anda di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius dan dengan waktu 30 menit atau hingga kue Anda matang.
  7. Saat sudah matang, angkat kue Anda dari dalam oven, kemudian biarkan hingga dingin. Taburi cake apel Anda menggunakan gula bubuk halus, kemudian potong-potong cake Anda dan sajikan!

Walaupun namanya terlihat sulit, cake apel, cara membuat menu berbuka puasa ini tidak begitu sulit, bukan? Anda hanya membutuhkan waktu kira-kira satu jam saja untuk membuat cake apel ini. Kue ini akan sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis, juga oleh anggota keluarga Anda yang lain karena rasanya tak begitu manis dan seimbang dengan irisan apel serta lapisan bawah yang renyah.

Sumber: vemale.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office