Menu Buka Puasa dan Sahur: Resep Tumis Tahu Daging Sayuran

Mencari pilihan makanan untuk menu buka puasa sebenarnya tidak terlalu sulit, karena kini sudah terdapat banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda beli saat menjelang waktu berbuka puasa. Mulai dari makanan manis hingga asin, Anda dapat menemukannya di mana saja. Anda dapat memilih beberapa jenis kudapan atau snack yang dapat Anda jadikan sebagai takjil atau makanan ringan untuk berbuka puasa yang Anda inginkan. Namun Anda dapat hanya berbuka dengan secangkir teh hangat dan buah kurma, kemudian dilanjutkan dengan makan berat jika Anda mau. Bagi Anda yang merupakan wanita sibuk, namun harus mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa di rumah, resep tumis daging tahu sayuran ini dapat menjadi penyelamat Anda. Oh, resep ini bahkan dapat menjadi menu buka puasa dan sahur sekaligus!

Tumis Tahu Daging Sayuran

Tumis tahu daging sayuran memiliki berbagai kandungan, mulai dari protein hingga sayuran. Menu ini sangat sehat dan berguna untuk menjalani puasa seharian agar asuoan gizi Anda tetap tercukupi. Selain itu, menu ini pun sangat praktis dan mudah untuk dimasak, sehingga Anda tak perlu menggunakan banyak waktu saat memasaknya. Selain untuk menu buka puasa, Anda pun dapat menyimpan sebagian porsinya untuk menu sahur, atau sebaliknya. Sangat praktis, bukan? Langsung saja, yuk kita simak resepnya di bawah ini!

Bahan-Bahan:

-2 sdm minyak sayur

-2 siung bawang puti, dicincang halus

-3 butir bawang merah, dicincang halus

-100 gram daging sapi sukiyaki atau daging has sapi, diiris tipis

-150 gram wortel, dipotong sepanjang 3 cm, dibelah tipis

-2 batang daun bawang, dipotong 3 cm

-250 gram tahu goreng, dipotong dadu

-150 gram bunga kol

-150 ml kaldu, dapat diganti dengan air

-1 sdm kecap manis

-1 sdm saus tomat

-1 sdm kecap inggris

-1/2 sdt merica bubuk

-1 sdt garam

-1 sdt bubuk cabai merah

Langkah-Langkah:

Langkah pertama untuk membuat menu buka puasa dan sahur ini adalah menumis beberapa bahan. Panaskan sedikit minyak untuk menumis, kemudian masukkan bawang merah dan bawang putih. Kemudian tumis kedua bahan hingga menjadi layu dan mengeluarkan bau harum.
Setelah itu, masukkan potongan daging sapi yang sudah Anda iris, lalu tumis lagi hingga daging menjadi matang dan mengalami perubahan warna.
Berikutnya, masukkan semua bahan sayuran, masak hingga sayuran menjadi layu. Tuangkan kaldu atau air serta tahu ke dalam masakan, lalu aduk lagi hingga rata.
Selanjutnya, masukkan bumbu secukupnya, tambahkan lagi hingga rasanya sesuai dengan selera Anda. Aduk lagi hingga rata, lalu masak hingga tumisan Anda mendidih. Lanjutkan memasak hingga airnya menyusut dan bumbunya meresap ke dalam masakan. Angkat segera jika sudah terasa matang.
Terakhir, taburkan masakan Anda menggunakan bubuk cabai merah. Sajikan selagi hangat, ya!

Nah, itulah resep tumis tahu daging sayuran yang sangat mudah dan praktis untuk dibuat di rumah. Anda dapat memasaknya di detik-detik terakhir sebelum waktu berbuka puasa dan menyajikannya selagi hangat. Namun karena terdapat sayuran yang basah dan tak dapat bertahan lama, menu makanan ini hanya dapat bertahan dalam sehari, alias untuk sekali buka puasa dan sahur. Jangan lupa untuk memanaskannya lagi sebelum dimakan agar cita rasanya tetap terjaga dan menjaganya juga dari basi. Resep ini juga dapat Anda gunakan sehari-hari di luar bulan Ramadhan. Selamat mencoba!

Sumber: vemale.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office