Menu Buka Puasa Praktis: Resep Pepes Ayam Lezat

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di dunia. Mengapa? Karena bulan Ramadhan adalah bulan suci di mana para umat Muslim menjalankan salah satu rukun islamnya, yakni berpuasa sebulan penuh. Ibadah ini ditujukkan salah satunya untuk sama-sama merasakan penderitaan orang kcil yang tak dapat makan bahkan hingga seharian penuh. Nah, kini kita sudah akan bersiap-siap menyambut bulan Ramadhan dalam beberapa minggu lagi. Apakah Anda sudah menyiapkan diri? Selain iman dan stamina yang harus dipersiapkan, ide untuk menu buka puasa dan sahur juga harus disiapkan, lho! Terutama bagi Anda yang wanita karir dan harus dengan cepat memasak untuk buka puasa keluarga di rumah.

Pepes Ayam

Nah, salah satu ide untuk menu buka puasa praktis yang dapat Anda coba buat di rumah adalah pepes ayam. Siapa yang tak suka ayam? Anak-anak Anda pun sudah pasti menggemarinya. Maka dari itu, salah satu menu buka puasa yang aman adalah masakan olahan ayam. Jika Anda sudah bosan dengan masakan ayam yang sekedar digoreng atau dibakar, mungkin kali ini Anda dapat mencoba resep pepes ayam. Dengan dipepes atau dikukus, daging ayam akan menjadi lebih lembut dan tentunya kaya cita rasa karena telah diberikan bumbu halus terlebih dulu. Penasaran? Ini dia resepnya!

Bahan-Bahan:

-500 gram ayam broiler, dipotong menjadi 10 bagian atau sesuai selera

-1 ikat daun kemangi

-1 butir telur ayam

-10 buah cabai rawit

-3 sdm minyak goreng

-5 buah serai bagian pangkal, dimemarkan

-5 lembar daun salam

-5 iris lengkuas

-1 sdm minyak goreng

-5 lembar daun pisang, sebagai bahan membungkus

Bahan-Bahan Bumbu, dihaluskan:

-4 butir bawang merah

-2 siung bawang putih

-2 cm jahe

-2 cm kunyit

-1 sdt terasi bakar

-4 buah cabai merah keriting

-1 sdm garam

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk membuat menu buka puasa praktis ini adalah mengolah daging ayam yang akan digunakan. Pertama, haluskan bahan-bahan bumbu, kemudian baluri seluruh bagian permukaan daging ayam dengan bumbu halus tersebut. Jika sudah, diamkan selama beberapa saat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, di dalam wadah berbeda, masukkan telur ayam, kocok lepas. Kemudian masukkan cabai rawit, daun kemangi, serta minyak goreng. Aduk semua bahan hingga rata dan bagilah dengan rata menjadi 5 bagian.
  3. Berikutnya, bentangkan daun pisang untuk membungkus ayam, dan masukkan 1/5 bagian daging ayam yang sudah dibaluri oleh bumbu halus. Setelah itu, tambahkan serai, 1 lembar daun salam, dan irisan lengkuas di atasnya. Terakhir, siram daging ayam dengan 1/5 bagian adonan telur yang telah dipisahkan tadi.
  4. Jika semua bahan sudah masuk, gulung atau lipat daun pisang dengan aman, kemudian tutup atau kunci menggunakan lidi atau tusuk gigi. Lakukan hal yang sama dengan 4 bagian ayam dan adonan lainnya.
  5. Terakhir, kukuslah ayam Anda selama kurang lebih 20 menit, atau tunggu hingga matang dan berubah warna. Salah satu indikatornya juga adalah telur ayam yang sudah matang. Jika sudah matang, keluarkan dari pengukus, biarkan agak dingin, dan sajikan hangat-hangat!

Selain menjadi ide menu buka puasa praktis, resep pepes ayam di atas juga dapat Anda jadikan alternatif sebagai menu sahur keluarga. Sisa pepes ayam dari buka puasa dapat Anda simpan semalaman dan keluarkan beberapa menit sebelum sahur untuk dipanaskan kembali. Oh iya, resep pepes ayam ini akan menghasilkan 5 porsi, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian jika ingin memasak sekaligus untuk sahur nanti.

Sumber: http://www.bacaresepdulu.com/resep-pepes-ayam/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office