Menu Masakan Buka Puasa: Buntil Sedap Khas Jawa

Apakah Anda sedang mencari menu masakan buka puasa yang cocok untuk hari ini atau besok? Kebetulan sekali! Kali ini kami akan membahas mengenai salah satu masakan yang cocok untuk Anda jadikan menu berbuka puasa di rumah, yaitu buntil khas Jawa! Buntil adalah sebuah masakan yang menggunakan daun pepaya serta teri dan campurannya sebagai isinya. Buntil berbentuk bulat dan biasanya diamankan dengan benang besar agar isinya tak terburai saat dikukus. Buntil dapat menjadi menu variasi Anda, karena daun pepaya dapat mencegah konstipasi yang kadang terjadi saat berpuasa, lho.

Buntil Sedap Khas Jawa

Bahan-Bahan:

-15 lembar daun pepaya, rebus menggunakan garam, bilas dengan air dingin setelahnya, tiriskan

-1 butir kelapa

-200 gram teri nasi

-sepapan petai

Bahan-Bahan Isi Buntil:

-4 siung bawang putih

-6 butir bawang merah

-5 buah cabai merah keriting

-3 cm kencur

-1 sdm terasi udang bakar

-1 sdt garam

-50 gram gula merah

-3 lembar daun jeruk purut

Bahan-Bahan Bumbu Kuah:

-8 siung bawang merah

-4 siung bawang putih

-1 sdt ketumbar, disangrai

-10 buah cabai rawit

-4 cm lengkuas, dimemarkan

-3 cm kunyit

-2 sdm gula merah

-1 sdt garam

-2 lembar daun salam

-500 ml santan kental

-bawang goreng secukupnya sebagai bahan taburan

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, haluskan bumbu terlebih dulu untuk campuran kelapa parut. Parutlah kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya, kemudian sangrai parutan kelapa dengan bahan-bahan bumbu halus. Masukkan juga ebi dan petai, kemudian sangrai kembali hingga parutan kelapa sedikit mengering.
  2. Setelah itu, ambillah daun pepaya yang sudah direbus dan ditiriskan sebelumnya. Susun daun pepaya untuk dimasukkan isi buntil, lalu masukkan kelapa parut yang sudah disangrai dengan bumbu, kemudian bungkus isi tersebut dengan rapat hingga isi tidak akan terburai.
  3. Lakukan hal yang sama pada seluruh daun pepaya dan adonan isi yang tersisa. Sebelum dimasukkan ke dalam pengukus, ikat semua bungkusan daun pepaya menggunakan benang besar. Setelah itu, kukus buntil selama kurang lebih 20-30 menit, atau hingga cukup matang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  4. Langkah selanjutnya untuk membuat menu masakan buka puasa yang lezat ini adalah membuat kuah buntil. Caranya, giling atau haluskan semua bahan bumbu kuah, kecuali cabai rawit. Jika sudah halus, tumis semua bahan tersebut hingga mengeluarkan harum. Setelah itu, masukkan santan dan masak lagi hingga santan mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduk perlahan selama memasak.
  5. Berikutnya, masukkan buntil yang sudah matang ke dalam kuah, dan masak kembali sampai kuah buntil mendidih.
  6. Sebagai sentuhan akhir, masukkan cabai rawit serta bawang goreng yang akan menambah cita rasa. Angkat dari api dan sajikan buntil hangat-hangat!

Tips:

-Jika Anda adalah salah satu orang yang enggan menggunakan daun pepaya sebagai bahan masakan karena rasanya yang pahit atau getir, jangan khawatir. Tips untuk menghilangkan rasa pahit tersebut adalah, saat Anda merebus daun pepaya, masukkan beberapa daun jambu biji tua ke dalamnya.

-Selain daun jambu biji tua, Anda juga dapat meremas-remas perlahan daun pepaya menggunakan garam, kemudian bilas hingga bersih. Namun hati-hati jika melakukan cara yang kedua ini, karena untuk membuat buntil, akan diperlukan satu lembar daun pepaya yang utuh.

-Jika Anda masih merasa ragu menggunakan daun pepaya, Anda dapat menggantinya dengan daun singkong yang lebih enak.

Nah, itulah panduan resep menu masakan buka puasa. Resep ini dapat Anda buat dalam waktu satu jam dan dapat menghasilkan 5 porsi orang dewasa. Oh iya, sebagai variasi, Anda dapat menambahkan daging giling ke dalam isi buntil untuk kandungan protein yang lebih tinggi. Selamat mencoba!

Sumber: http://www.bacaresepdulu.com/resep-buntil/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office