Referensi Kue Kering untuk Lebaran: Resep Kue Bangkit Susu yang Manis dan Renyah

Bagi Anda yang sering mengikuti perkembangan jenis kue kering untuk lebaran, mungkin Anda pernah menjumpai atau mencicipi jenis kue kering yang satu ini. Kue bangkit adalah sebuah jenis kue yang jika dilihat-lihat mirip dengan kue sagu keju. Teksturnya pun cukup mirip dengan kue sagu yang renyah dan cukup gurih saat dinikmati. Kue bangkit cukup populer menjadi kue kering pilihan di Indonesia, terutama saat lebaran. Namun ternyata kue bangkit juga merupakan jenis kue khas dari Malaysia, namun kue ini disebut sebagai kue bangket di sana. Sementara di Indonesia sendiri, kue bangkit susu ini biasa ditemui di daerah Sumatera.

Kue bangkit susu dapat menjadi pilihan Anda untuk mengisi kekosongan toples di saat lebaran. Kue bangkit susu juga sesuai untuk segala umur, sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa akan menggemari jenis kue ini. Hal ini dikarenakan rasa manisnya yang pas dengan sedikit rasa gurih, teksturnya yang renyah dan agak padat namun dapat mudah lumer di mulut, serta bentuknya yang dapat Anda kreasikan sendiri. Penasaran dengan resep kue bangkit susu?

9. kue bangkit susu

Bahan-Bahan:

-500 gram tepung sagu

-150 gram gula halus

-75 gram susu kental manis putih

-100 gram margarin

-2 lembar daun pandan

 

Langkah-Langkah:

  1. Sama seperti resep kue sagu keju, cara membuat kue bangkit susu pun diawali dengan menyangrai tepung sagu dengan daun pandan. Sangrai kedua bahan tersebut hingga daun pandan menjadi kering. Gunakan api kecil agar daun pandan tidak menjadi gosong.
  2. Setelah itu, angkat tepung sagu dari atas kompor, lalu campurkan dengan gula halus. Ayak kedua bahan tersebut hingga tersaring tepung sagu dan gula yang lebih halus lagi.
  3. Di dalam wadah yang sama, tambahkan margarin, kemudian aduk hingga rata. Masukkan susu kental manis putih, lalu aduk lagi sampai rata.
  4. Langkah selanjutnya pada resep kue bangkit susu ini adalah mencetak adonan. Ada banyak bentuk kue bangkit susu yang dapat Anda pilih, mulai dari berbentuk bunga seperti kue sagu keju, memanjang seperti kastangel, bulat seperti nastar, atau berbentuk hati. Kreasikan sendiri bentuk kue bangkit susu Anda, ya!
  5. Setelah adonan sudah habis dicetak, masukkan loyang kue ke dalam oven, lalu panggang adonan kue dengan suhu 140 derajat Celcius selama 20 menit.
  6. Setelah kue matang, angkat loyang dari dalam oven, kemudian diamkan kue yang masih di dalam loyang selama beberapa menit hingga dingin. Hal ini dilakukan agar kue tidak rusak saat diangkat.
  7. Jika sudah dingin atau bersuhu ruangan, angkat kue dan pindahkan ke dalam toples bertutup rapat.

 

Tips:

-Anda bisa memilih bentuk kue bangkit susu sendiri sesuai kreasi dan selera. Ajak si kecil untuk ikut mencetak adonan kue dengan bentuk kesukaannya. Oh iya, jika Anda menggunakan cetakan kue, balurkan terlebih dulu tepung terigu tipis-tipis pada cetakan agar adonan tidak lengket.

-Anda bisa memberi topping atau hiasan di atas kue bangkit susu Anda agar terlihat semakin cantik dan menarik. Beberapa pilihan topping yang bisa Anda coba adalah keju, cokelat, atau kacang yang sudah dicincang. Kreasikan toppingnya dan sesuaikan dengan bentuk kue bangkit yang Anda buat.

 

Resep kue bangkit susu ini memiliki beberapa versi berbeda, namun sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan resep yang satu ini. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office