Resep Cara Membuat Ayam Lodho Tulungagung

Sulit sekali mencari konfirmasi tentang riwayat tentang usul-usul masakan khas Jawa Timur ini. Ada yang bilang masakan ini khas Tulungagung. Tetapi, ada juga yang menyebut Trenggalek maupun Lumajang sebagai tempat “ kelahiran” masakan ini. Tingginya populasi masyarakat keturunan Madura di kota-kota ini menguatkan dugaan adanya pengaruh kuliner Madura dalam manifestasi Ayam Lodho ini.

Ayam Lodho

Resep Cara Membuat Ayam Lodho Tulungagung

Makna dari nama Ayam Lodho inipun tidak di ketahui secara pasti. Kalo Lodho dalam Bahasa Jawa tidak mengacu pada kata “Pedas” yang menjadi ciri utama masakan ini. Istilah lain, Lodho, berarti empuk sampai dagingnya, moprol. Beberapa orang tua meyakini bahwa lodho bermakna makanan gurih dari santan yang sudah sangat kental, ( Fully reduced ). Bahasa jawa yang paling mendekati untuk kekentalan dan kekeringan santan ini adalah: mblondho. Bahkan, ada yang sengaja menambahkan blondho ( galendo, tahi minyak Kalapa) pada tahap akhir pemasakanya.

Baca Juga :

Intinya , Ayam Lodho adalah ayam kampung bakar/panggang yang di masak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Karena di masak sangat lama dengan api kecil-biasanya dengan kayu, bukan raang ataupun kompor gas, santanya yang kental dan kering. Dalam Bahasa Jawa , proses memasak lama agar bumbunya merasuk di sebut kothok. Proses ini juga menghasilkan daging ayam yang empuk dengan bumbu meresap. Pemasakan dengan tungku kayu juga menghasilkan aroma asap ( smokey ) ke dalam masakan ini.

Lamanya waktu yang di perlukan untuk memasak Ayam Lodho membuat masakan ini biasanya diinapkan semalam sebelum di santap keesokan harinya. Proses penginapan masakan ini membaut santan kentalnya mengalami permentasi ringan secara alamiah, sehingga meningkatkan citarasanya. Flavor utama yang menonjol adalah gurih dan peda.

Karena cara memasaknya yang lama dan sulit, Ayam Lodho sempat redup populatitasnya. Tetapi, sejak kuliner tradisional kembali trendy , Ayam Lodho pun tampil kembali meramaikan pesta kuliner Jawa Timur yang dinamis. Setidaknya, Ayam Lodho pasti akan hadir pada setiap festival kuliner di kota-kota besar Jawa Timur. Favorit saya adalah Warung Lama ( Sejak 1925) , Jl, Kh, Zainul Arifin 45B, Malang, 0341363036.

Resep Cara Membuat Ayam Lodho Tulungagung

Berikut adalah Resep Cara Membuat Ayam Lodho Tulungagung.

Bahan:

1 Ekor ayam kampong> di belah ( bekaka, ingkung).
1 Butir kelapa > di parut dan di peras menjadi santan kental dan encer.

Bumbu halus:

2 sdm garam.
10 siung bawang merah.
10 siung bawang putih.
3 ruas jari kunyit.
2 ruas jari jahe.
1 ruas jari kencur.
2 cabai merah keriting( di rebus dulu ).

Bumbu Kasar:

1 sdm lada putih> tumbuk kasar.
1 sdm ketumbar > tumbuk kasar.
1 sdt jintan.
100 gram cabai rawit.
1 jempol lengkuas> di Rajang kasar.
3 batang sereh.
3 lembar daun jeruk purut.
2 lembar daun salam.

Cara Membuat:

  • Ayam di lumuri garam dan di bakar setengah matang.
  • Semua bahan bumbu halus di ulek atau di B-lender sampai halus.
  • Semua bahan bumbu kasar, kecuali daun salam, daun jeruk purut, dan sereh di tumis dengan sedikit minyak setelah matang. Bumbu halus di campurkan ke dalam tumisan bumbu kasar, dan teruskan menumis sampai bumbu matang.
  • Tambahkan santan encer ke dalam tumisan.
  • Masukan ayam bakar ke dalam wajan, tamabhkan sereh, daun salam dan jeruk purut. Teruska memasak dengan api kecil sampai mendidih.
  • Tambahka santan kental. Teruskan memasak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi sangat kental ( Dalam bahasa jawa di sebut Mblondho ) .
  • Sebaiknya masakan ini di simpan semalam, dan di panaskan kembali keesokan hari untuk di santap dengan nasi gurih ( nasi uduk) dan urap sayur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office