Resep Cara Membuat Garang Asem Ayam

Di Indonesia, khususnya Jawa, nama Garang Asem Ayam ternyata di pakai untuk berbagai jenis makanan. Setidaknya , ada lima jenis masakan nusantara yang menyebut diri sebagai Garang Asem Ayam, sekalipun penampilanya sangat berbeda. Penamaan Nomenklatur yang “ kacau” ini merupakan isyarat agar kita segera melakukan standarisasi kuliner Indonesia.

Garam Asem Ayam

Bagi saya, yang paling memenuhi yang paling menyandang nama Garang Asem Ayam adalah sajian khas Kudus . Depinisinya: Ayam kukus di dalam bungkus daun pisang dengan rasa asam-pedas.

Bumbu utamanya adalah cabai rawit, tomat hijau, dan belimbing sayur dan belimbung wuluh. Bumbu-bumbu minimalis ini menciptakan rasa asam pedas dalam kaldu bening yang memukau. Daun salam dan daun pisang menyumbangkan aroma yang cantik selama proses pengukusan. Ayamnya harus ayam kampung karena menghasilkan kaldu yang harum, dan daging nya tidak hancur dalam proses pengukusan yang sama.

Di Solo, kita sering menemukan versi Garang Asem Ayam seperti ini, tetapi di beri sedikit asam ataupun kocokan telur ayam, sehingga kuahnya tidak lagi bening, dengan hits rasa manis. Sedangakan di Yogyakarta , selain bersantan, ada juga Garang Asem yang bukan dari ayam, melainkan daging Sapi cincang yang di bentuk bola-bola kecil. Sajian ini di namai Bucok Bunem.

Tetapi , di Pekalongan , bila kita memesan Garang Asem Ayam yang keluar adalah Rawon Sapi . Di Tuban , Garang Asem Ayam adalah masakan asem pedas berkuah santan dengan warna kuning kemewahan. Mirip Mangut, tetapi asam. Di Surabaya, Garang Asem Ayam–nya mirip Garang Asem Tuban. Tetapi yang di pakai adalah Bandeng. Cara memasak Garang Asem Surabaya ini cocok dengan namanya, Karena bumbu-bumbu utmanya – cabai, bawang putih, dan bawang merah- di tusuk lidi lalu di bakar ( di garang ) dulu, dan kuahnya mencuatkan rasa asem.

Di Lasem, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, kaum Peranakan tionghoa memasak babi dengan bumbu Garang Asem. Selain daging babi, juga di tambahkan rebung dan masakan berkuah dengan tone asem – manis ini. Sebetulnya, masakan ini lebih umum di kenal dengan nama asem-asem.

Di Bali, Garang Asem-nya tampil lain lagi. Di Pulau Dewata ini, sajian ini langka karena orang baru memasak Garang Asem untuk mengolah ayam jago yang kalah aduan. Ayam jantan ini biasanya berstektur alot karena sangat berotot, sehingga harus di rebus lama . bumbu- bumbunya juga harus kuat dengan cita rasa pedas dan asam yang nendang . karena di rebus lama, kuahnya teredukasi menjadi pekat dan berwarna gelap . sehari-hari, jenis masakan ini dapat di temukan di Warung Maedika di Kedewatan, Bali.

Garang Asem Ayam saya di sajikan oleh RM Sari Rasa, Jl, Agil Kusumadya 20, Jati Kulon , Kudus, 0291 442218. Di Kartasura, Solo, juga ada warung kecil yang puluhan tahun mempertahankan   reputasinya sebagai penyaji Garang Asem Ayam juara. Warung Mbah Semar, Jl, Adisumarmo, Kartasura ( deket jalan pertigaan Semarang-Solo ) Garang Asem Ayam ini sangat khas , memakai kocokan telur ayam kampung. Boleh juga di cicipi Garang Asem Ayam bersantan dari WM Pecel Solo, Jl, Prof. Soefomo 55, Solo. 0271 713667. Pecel Solo sudah mempunyai beberapa cabang di berbagai kota.

Resep Cara Membuat Garang Asem Ayam

Bahan:

2 ekor ayam kampung

1 kg tomat hijau

½ cabai rawit

¼ belimbing wuluh

6 lembar daun santan

Bumbu:

10 butir kemiri

5 siung bawang putih

5 siung bawang merah

1 jempol lengkuas

Cara:

  • Ayam di potong kecil-kecil., tomat, cabai rawit dan belimbing wuluh di rajang kasar
  • Semua bumbu di ulek halus , lalau di tumis samapai matang, di campur dengan 2 liter air, matiakn api.
  • Campurkan rajangan cabai rawit , tomat dan belimbing wuluh.
  • Bungkus potonagn ayam dengan campuran bumbu dan air di dalam daun pisang , masukan 1 lembar daun salam ke dalam setiap bungkus, lalau kukus sekitar dua jam sampai empuk.

Gampang banget kan resep garang asem barusan? Intinya dari memasak garang asem adalah adanya belimbing wuluh, ayamnya matang, dan santan tidak pecah. Atur api dengan teliti supaya semuanya matang merata. Mengenai rasa asem dan pedasnya juga bisa disesuaikan selera tidak perlu terpaku akan resep. Selamat memasak :).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office