Resep Cara Membuat Gulai Sie Itek Khas Aceh

Di antero Tanah Rencong, hampir semua Keude Bu ( kedai nasi ) menyediakan masakan yang di sebut Sie Itek. Secara harafiah, sie itek berarti kuah bebek. Sama seperti Sie Kemeng yang berarti kuah kambing. Tetapi, hampir dapat di pastikan bahwa sie itek maupun sie kemeng adalah masakan berkuah dengan rasa kari. Bedanya , ada yang karinya kental, ada pula yang encer. Bila tidak suka bebek, bisa di ganti dengan ayam. Masakanya di sebut Sie Manok.

Gulai Sie Itek Khas Aceh

Resep Cara Membuat Gulai Sie Itek Khas Aceh

Gulai Sie Itek Khas Aceh umumnya hadir dalam dua varian, yaitu : masak meurah dan masak puteh ( meubleng ). Gulai Sie Itek Khas Aceh masak meurah memang kuahnya berwarna merah, karena salah satu bumbu utamanya adalah cabai merah. Masakan ini juga mirip – setidaknya dari nama – dengan masakan khas Banjarmasin yang di sebut Itik masak hebang, sedangkan Gulai Sie Itek Khas Aceh maskan puteh lebih mirip masakan Opor di Jawa, berwarna pucat, dan tidak pedas, sebagian orang menyebut Gulai Sie Itek Khas Aceh masak puteh ini dengans sebutan masakan kurma. Padahal, masakan ini sama sekali tidak memakai kurma sebagai bahan ataupun bumbu. Gulai Sie Itek Khas Aceh masal puteh lebih menonjol kegurihanya karena biasanya di tambah kemiri.

Baca Juga :

Daging bebeknya empuk berlumur kuah kari kental yang sangat gurih. Rasa gurih yang intens ini bukan saja karena cara masak slow braising sehingga santanya tereduksi, melainkan Karena penggunaan kelapa gongseng. ( kelapa parut yang di sangrai, kemudian di tumbuk sampai keluar minyaknya ). Jangan lupa, untuk memasak Gulai Sie Itek Khas Aceh di perlukan antara 12-20 jenis rempah yang membuat rasanya sungguh enak. Aroma yang paling menonjol dari msakan ini di hasilka oleh daun temurui ( juga di sebut daun kari atau slaam koja ) dan daun pandan yang di pakai untuk mengikat setiap potong bebek yang di masak. Rempah harum yang di pakai adalah ketumbar dan jintan, ( dalam Bahasa aceh di sebut jira). Bahkan ada dua jenis jintan yang di pakai dalam masakan ini, yaitu: jintan ( cumin) dan jira ikan ( fanel adas manis), jira ikan ini memang bia di pakai untuk memasak ikan guna menghilangkan aroma amis atau anyir. Penggunaan nya dalam masakan bebek juga untuk menyirnakan aroma bebk yang khas.

Masakan Gulai Sie Itek Khas Aceh saya di sajikan di sebuah warung sederhana, Kuede Nasi Delon, JL, Mohamad Zam 44 ( Sebelah Masjid Baiturrahamn ), Banda Aceh, 085294720034. Juga Bu Si Itek, Jl, Teuku Umar 275 ( depan Masjid Topi Aceh ), 0852 77706282.

Resep Cara Membuat Gulai Sie Itek Khas Aceh

Bahan :

1 ekor itik ( bebek ) > belah di ganti ayam
25 gram kelapa gongseng
1 gelas santan kental
Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu :

50 gram ketumbar
1 sdm lada putih ( merica)
3 sdm jintan
1 sdm jintan ikan
6 butir kapulaga putih
3 butir bunga lawang keeling ( pekak, star anise)
1 butir biji pala
3 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 cabai merah kering
1 kelingking kayu manis
1 kelingking kunyit
1 kelingking jahe
5 butir kemiri
1 batang serei ( sereh )
1 genggam daun temurui
5 lembar daun pandan
Garam secukupnya

Cara Memasak :

  • Cuci bebek ( atau ayam ) dan potong – potong . ( lebih baik lagi bebek utuh di panggang sedikit agar lemaknya menetes keluar. setelah itu baru di potong-potong ). Ikat potonagn bebek dengan daun pandan.
  • Kecuali serai, kayu manis dan daun temurui, semua bumbu di tumbuk dan di haluskan.
  • Tumis bumbu halus sampai matang, masukan potongan bebek. Tambahkan santan air hingga semua potongan bebek terendam. Masukan serai, kayu manis, dan daun temurui.
  • Masak dengan api kecil sampai matang dan dagingnya empuk, ( catatan: untuk si itek masak puteh , jangan pakai cabai kering atau mericca, dan tambahkan 5 butir kemiri lagi).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office