Resep Cara Membuat Nasi Gurih Khas Aceh

Setiap kota di Indonesia pasti mempunyai menu andalan masing-masing untuk keperluan makan pagi alias sarapan. Di Banda Aceh, pilihan sarapan khas setempat adalah Nasi Guri, nasi kuning, dan pecel sayur. Pecel yang hadir di Aceh tentu saja di jual oleh para perantau dari jawa dengan penampilan yang asli. Tetapi, nasi kuning di Aceh tampil beda bila di bandingkan dengan nasi kuning di Jawa. Di Aceh , nasi kuningnya beraroma nasi kebuli. Berbagai bumbu yang dapat dideteksi aromanya adalah daun temurui, dan daun jeruk nipis, daun salam, serai, daun pandan, kunyit dan kapulaga.

Nasi gurih khas aceh

Yang paling khas Aceh adalah Nasi Gurih Khas Aceh alias nasi gurih. Tentu saja, seperti dapat di duga, Nasi Gurih Khas Aceh ini mirip dengan nasi gurih di Jawa, Nasi Uduk Jakarta, atau juga Nasi Lemak Malaysia. Bedanya, Nasi Gurih Khas Aceh sungguh lebih gurih. Nasi Gurih Khas Aceh yang di masak dengan santan ini di taburi bawang goreng, serundeng kerupuk atau emping, irisan mentimun, kering tempe, dan kacang goreng. Lauknya kalio daging sapi juga ada paru dan limpa, kalio ayam, Ikan rambeu goreng, dendeng dan lain-lain..

Sekedar catatan, Dendeng Sapi adalah oleh-oleh populer bagi para pengunjung Aceh yang hendak pulang ke kota asal masing-masing.

Baca Juga :

Nasi Gurih Khas Aceh dapat di jumpai di banyak keude bu (kedai nasi) sederhana, khususnya di pagi hari di sekitar Masjid Baiturrahman. Kebanyakan Nasi Gurih Khas Aceh juga menjual Nasi Kuning. Favorit saya adalah: Nasi Guri Ibu Ros, Jl, Jendral Sudirman 35, (depan rumah sakit Fakinah) , 0651 636684. Nasi Guri Pak Rasyid. Di sebrang masjid raya juga boleh di baca.

Resep Cara Membuat Nasi Gurih Khas Aceh

Berikut ini adalah resep generic untuk membuat Nasi Gurih Khas Aceh dan Rambeu Balado.

Bahan:

350 gram beras ( bisa juga 300 gram beras di campur 50 gram ketan)
1 butir kelapa > di buat 400 ml santan
2 ekor ikan rambaeu (ikan bawal)
2 cangkir santan encer
1 lembur daun salam
1 batang serai
1 lembar daun pandan > disimpul.

Bumbu:

5 siung bawang merah
5 cabai merah
2 sdm cuka atau sari jeruk nipis.

Cara Memasak :

  • Beras dan ketan yang sudah di cuci di kukus sampai setengah matang. Pencampuran dengan ketan di masukan untuk membuatnya lebih pulen.
  • Masak santan dengan daun salam, daun pandan, serai, dan sedikit garam di dalam panci . masukan beras dan ketan yang sudah di kukus setengah matang.
  • Bersihkan ikan bawal , lumuri dengn sari asam jawa dan sedikit garam, kemudian di goreng sampai kering.
  • Bawang merah dan cabai merah di goreng utuh, kemudian di ulek kasar, di campur dengan cukai atau sari jeruk nipis degan 2 sdm jelantah (bekas minyak penggorengan cabai dan bawang merah)
  • Lumuri ikan bawal, goreng dengan sambel.
  • Nasi guri di sajikan dengan taburan serundeng, kacang goreng, bawang goreng, dan irisan mentimun, dan emping atau kerupuk.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office