Resep Cara Membuat Nasi Pindang Khas Kudus

Melihat tampilan dan mencicipi citarasa sekilas, kita dapat berkesimpulan cepat bahwa sajian ini adalah persilangan antara rawon dan soto. Tetapi, sesungguhnya, Nasi Pindang adalah sajian khas Kudus yang unik.

Naso {indang Khas Kudus

Nasi Pindang Khas Khudus adalah masakan berkuah yang lebih Rich dan Komplek bila di banding dengan Soto, Cita rasa keluak dan Kemiri, di imbangi dengan cantik oleh Ketumbar dan Jintan. Santan encer juga membuat masakan ini sangat gurih. Sekalipun sama- sama bernama pindang, tetapi Nasi Pindang Khas Khudus sama sekali tidak memiliki kesamaan dengan Nasi Pindang Palembang.

Di Kudus agak sulit mendapatkan Daging Sapi. Kebanyakan yang di perjual belikan baik Daging Mentah maupun masakan sipa saji – berbahan Daging Kerbau. Soto Kerbau, Sate Kerbau, kemudian juga Nasi Pindang Kerbau. Kerbau, tradisi ini memiliki sejarah yang panjang. Di masa lalu, Sunan Kusu ketika memulai Syiar Islam di kawasan ini, tidak ingin melukai perasaan umat hindu yang menganggap Sapi sebagai Sacral atau Suci. Karena itu Sunan Kudus melarang penyembelihan daging sapi untuk konsumsi. Sebagai gantinya, yang di sembelih adalh kerbau.

Selain daging kerbau , juga jeroan kerbau di pakai untuk si pindang. Sesaat sebelum di sajikan, beberapa Daun So ( daun melinjo muda ) di masukan ke dalam kuahnya yang mendidih. Daun so ini merupakan bagian wajib dari sajian Nasi Pindang Khas Khudus.

Di Jakarta beberapa penjual Soto Kudus juga menyediakan Nasi Pindang Khas Khudus. Tetapi, kebanyakan di Jakarta tidak lagi memakai dagaing kerbau , melainkan daging sapi, sesuai dengan local Preference di ibukota. Favorit saya adalah Soto Kerbau/Ayam Mbak Mar, Taman Bojana ( Ramayana) kios no 29, Kudus Jawa Tengah , 0813 25638120.

Resep Cara Membuat Nasi Pindang Khas Kudus

Bahan:

1 kg daging kerbau
1 butir kelapa di buat santan kental
¼ daun so ( daun melinjo muda)
2 liter air

Bumbu:

100 gram kemiri
200 gram bawang merah
50 gram bawang putih
10 butir keluak
1 sdm ketumbar
¼ jintan
¼ lada hitam
½ biji pala
1 jempol lengkus
50 gram gula merah
25 gram terasi

Cara Membuat:

  • Daging di rebus sampai empuk, lalu tiriskan.
  • Kemiri, bawang merah, bawang putih di haluskan lalu di tumis dengan sedikit minyak.
  • Masukan tumisan bumbu ke dalam kaldu rebusan daging.
  • Bumbu – bumbu lain ( kecuali gula merah dan lengkuas) di sangrai, kemudian di tumbuk halus, dan di campurkan ke dalam kaldu rebusan daging, masukan juga lengkuas yang sudah di geprek.
  • Masukan santan dan gukla merah, aduk – aduk supaya tidak pecah , sampai mendidih. Tambahkan garam sesuai cita rasa
  • Masukan daun so sebelum menyajikan

Nasi Pindang Khas Kudus siap disajikan. Baca juga Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Patin Lezat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office