Resep Cara membuat Sate Maranggi Purwakarta

Masyarakat sunda tidak menyebutnya sebagai sate maranggi, melaikan cukup dengan maranggi saja. Ada dua daerah di jawa barat yang mengaku sebagai asal tempat maranggi, yaitu Cianjur dan Purwakarta. Di cianjur, maranggi hanya ( strictly) di buat dari daging sapi. Sebaliknya, di purwakarta lebih lazim di buat dari daging kambing, seklaipun versi spainya juga populer.

Maranggi

Karena dagingnya sudah layu dan dimarinasi dengan bumbu, hasil akhirnya adalah daging yang empuk dengan bumbu –bumbu meresap sampai ke bagian dalam. Penggunaan bumbu dalam marinasi menciptakan kesamana dengan cita rasa umum dendeng.

Penyajian maranggi di cianjur lebih unik karena tidak di sajikan dengan nasi putih, melainkan dengan nasi uduk dengan warna kuning pucat, atua dengan ketan bakar. Karena maranggi sudah manis berbumbu, tidak di perlukan lagi sambel kacang atau sambel kecap sebagai cocolan satenya. Tetapi, di bubuhkan kondimen sambel oncom encer sebagai cocolan ketan bakar atau nasi uduknya.

Maranggi mempunyai kemiripan dengan sate manis di daerah Jawa timur, sate matang dari aceh , bahkan sate kajang dari Malaysia. Semua nyah adalah sate yang di buat dari daging sapi yang di marinasi dengan cairan manis dan harum ketumbar.

Maranggi mempunyai kemiripan dengan sate sapi manis seperti ini,di duga keras merupakan adaptasi dari kuliner tionghoa membuat sate babi dengan marinasi bumbu manis harum seperti ini juga. Berbeda dengan orang minahasa yang ragey ( satebabi) nya di marinasi dengan bumbu pedes.

Maranggi favorit saya adalah Marangi farid M, jl. Kh hasyim Ashari(waru jajar), cianjur, 08569028648 dan SARI ASIH jalan raya pecet, seberang pegadaian cipanas , cianjur 0878 2008 6053 di Jakarta ada juga sate Maranggi Bu Hj. Yayah , jl. Pasar modern Gran Wisata Bekasi , Blok pr 5/10, 021 36262171 (semual berlokasi di pejarten/duren tiga).

RESEP

Berikut ini adalah Resep Cara membuat Sate Maranggi Purwakarta.

 Bahan:

500 gram daging sapi sandung lamur > atua kambing /domba, di potong dadu sekitar 1,5 senti

Bumbu:

5 siung bawang merah

1 kelingking lengkus

1 kelingking jahe

2 sdm bubuk ketumbar

1 sdm kecap manis

1 sdm kecap asin

1 sdm minyak kelapa atua margarin

1 sdm cuka

Cara

- Ulek halus bumbu dan campur dengan kecap ,minyak,dan cuka.

- Galkan bumbu dengan potongan daging dan biarkan semalem (minimum 1 jam) agar bumbu merasuk.

- tusukan daging pada tusukan bumbu , bakar sampai matang .

- karena sudah berbumbu manis , maranggi tidak perlu lagi di sajikan dengan sambal /saus.

Baca juga Rresep Dan Cara Membuat Empal Gentong Khas Cirebon

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office