Resep Cara Membuat Soto Medan Enak

Pada dasarnya, Soto Medan adalah soto padang di tambah santan. Soto tidak di kenal dalam kuliner melayu. Bila di tilik asal usulnya, ternyata pertama pedagang soto di Medan adalah orang padang yang merantau ke Medan. Jejak-jejak bumbu-bumbu bernuansa India masih terdeteksi kehadiranya . penambahan santan di duga untuk membuatnya lebih istimewa sesuai dengan “kecerdasan lidah” warga Sumatera Utara.

Soto-Medan1

Soto Medan hadir dengan pilihan tiga jenis protein. Daging ayam, daging sapi, dan udang. Ketiganya di hadirkan dalam kuah soto yang sama, yaitu kaldu dari tulang sapi dan santan. Semua proteinya di goreng terlebih dahulu. Daging sapi dan jeroan di masak di dalam kuah soto hingga empuk, kemudian di angkat, ditiriskan, dan di goreng. Ayam dan udang goreng tersendiri, tanpa di rebus di dalam kuah soto. Semuaya kemudian di iris-iris kecil-kecil dan siramkan dengan kuah soto.

Seperti juga soto padang, Soto Medan pun di sajikan dengan perkedel kentang yang di masukan ke dalam kuah soto agar kuahnya menjadi lebih kental bila perkedelnya dilumatkan.

Gerai Soto Medan favorit saya adalah, RM Sinar Pagi Jl, Sungai Deli 2D, Medan, 061 4530728. Sinar pagi menyajikan soto-soto dengan daging sapi maupun dgaing ayam. Lauk pedampng yang saya sukai di sini adalah rampeyek udang yang sungguh mak nyus. Untuk versi soto udang, favorit saya adalah Soto Kesawan Jl, Ahmad Yani (Seberang rumah Tjong A Fie), Medan. 061 4514518. Udang goreng nya besar-besar, sotonya sangat gurih.

Baca Juga :

Untungnya, di Jakarta juga ada gerai Soto Medan andalan, yaitu, RM Asli Soto Medan 1930. Jalan Raya Muara Karang 17. Jakarta Utara, 021 6679963. Di sini tidak ada soto udang.

Resep Cara Membuat Soto Medan Enak

Berikut ini adalah resep generic untuk Cara Membuat Soto Medan Enak

Bahan :

250 gram sengkel sapi
400 gram jeroan sapi ( babat, usu paru)
500 ml santan kelapa
200 gram soun

Bumbu :

10 siung bawang merah6 siung bawang putih
1 kelingking jahe
1 kelingking lengkuas
1 kelingking kayu manis
5 butir kemiri > di goreng
3 lembar daun salam
1 sdt bubuk pala
¼ sdt jintan
4 sdm kecap manis

Cara Memasak :

  • Rebus sengkel sapid an jeroan sapi dengan sedikit garam > tiriskan. Sisihkan sekitar 1 liter air rebusan daging (bukan rebusan jeroan).
  • Goreng rebusan daging dan jeroan sampai kecoklatan, lalu iris kecil-kecil.
  • Haluskan semua bumbu (kecuali daun salam), dan tumis dengan jelantah penggoreng daging. Masukan kaldu dan daun salam, masak sampai mendidih. Kecilkan api dan masukan santan, teruskan memasak sampai santan masak.
  • Atur sedikit daging dan jeroan sapi dalam mangkuk. Tambahkan segenggam soun kukus, tuangi dengan kuah soto, taburi dengan rajangan daunbawang dan daun saledri. Bila perlu, dapat di tambahkan kecap manis atau sambal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office