Resep Cara Membuat Tauto Pekalongan

Sebagai salah satu jenis Comford Food  yang sanagat populer di seluruh nusnatara . Soto memang hadir dalam ratusan versi di Indonesia. Bukan saja versinya yang berbeda, namanya pun kadang- kadang sangat khas . di Makassar, Soto di sebut Coto. Di Banyumas di sebuut Sroto. di Tegal namanya Sauto. Begitu sampai di Pekalongan , namanya pun menjadi Tauto.

Resep Cara Membuat Tauto Pekalongan

Tauto bukanlah jenis Soto yang encer dan segar. Tauto bisa di jajarkan dengan Coto sebagai soto berkuah garang. Menonjok, kuahnya adalah kaldu sapi atau kerbau, di masak dengan Tauco atau bumbu-bumbu tujuan pedas. Karena itu , makan Tauto harus di sertai dengan nasi dalam jumlah banyak agar tidak kepedasan atau terlalu gurih. ( Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan Gurih )

Bisanya tauto di buat dari daging sapi , berikut babat dan parunya. Tetapi, sesungguhnya, model asli tauto di buat dari daging dan jeroan kerbau. Penggunaan tauco sebagai bumbu aromatic memang awalnya bertujuan untuk meredam aroma daging kerbau yang lebih hewaniah itu. Sekarang bahkan ada pula yang menjajahkan tauto ayam, atau tauto daging sapi tanpa menyertakan jeroanya. Taburan daun bawang dan saledri dalam porsi generous ikut membentuk karakter khas tauto.

Salah satu Tauto pavorit saya di Pekalonagn adalah Soto PPiP , Jl, Dr, Wahidin ( Depan Koperasi Batik ), Pekalongan, 0285 429171. Warung sederhana ini di wakili beberapa mbak-mbak . tetapi, tauto-nya sungguh sangar. Bumbunya berani, dan aroma cita rasanya sangat mantap. Tauto juara lainya di Pekalongan antara lain adalah Pak Masduki di Alun-alun , H, Rohmani di Terminal Sayun, dan H,Damudji di Jl. Agus Salim.

Seklipun tauto lainya di sajikan nasi putih, sesungguhnya tauto serasi di santap dengan lontong. Persis seperti soto yang di santap dengan ketupat atau buras.

Di Jakarta. Bila rindu masakan pekalongan – seperti tauto dan mangono – tujuan saya adalah warung sederhana milik, Lukman bilfaiq, mantan karyawan TEMPO. Papan nama warungnya, Tauto Pekalongan, Jl, Tebet Timur Dalam Raya ( Depan PSP) Jakarta Selatan , 021 8297772. Selain tautonya yang segar , nasi mangono-nya juga mantap.

Resep Cara Membuat Tauto Pekalongan

Berikut ini adalah resep generik untuk membuat Tauto Khas Pekalongan

Bahan:

300 gran daging sapi

300 gram babat sapi

300 gram paru sapi

2 batang daun bawang

3 batang saledri

2 jeruk nipis > di belah empat

50 gram soun > di rendam air panas sampai empuk, tiriskan

5 sdm tauco

2 lembar daun salam

2 batang serai di memarkan

Bumbu:

5 cabai keriting

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 sdt lada putih

½ sdt bubuk pala

Garam secukupnya

Cara:

  • Rebus babat dan paru sampai empuk. Agar tidak bau, ganti air rebusan 2-3 x samapai air rebusan tidak berbau, setelah empuk, potong kecil-kecil dan dinginkan.
  • Rebus daging sapi dengan 2 liter air, dengan daun salam, dan serai. Setelah matang dan empuk, potong kecil-kecil dan dinginkan.
  • Haluskan semua bumbu, tumis dengan sedikit minyak, masak dengan sekitar 1,5 ,liter kaldu dari rebusna daging. ( kaldu rebusan jeroan jangan di pakai ). Tambahkan potongan. daging/babat/paru dan tauco ke dalam masakan.
  • Tata di mangkuk, isi dengan potongan daging /babat/paru. Taburi dengan ranjangan daun bawang dan saledri, tuangi kuah secukupnya. Bila perlu, bisa di tambahkan setengah butir telur ayam rebus.

Demikian Resep Cara Membuat Tauto Pekalongan ini. Soto tauto khas pekalongan ini sangat nikmat disajikan selagi panas. Soto Khas Kota Batik

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office