Resep dan Cara Membuat Bakso Goreng Kriuk

Pada dasarnya, bakso memiliki hubungan yang erat dengan kuliner Tionghoa Indonesia, ditunjukkan dari istilah bakso itu sendiri yang mana berasal dari kata Bak-So, dimana dalam dialek Hokkien secara harfiah diartikan sebagai ‘daging babi giling.’ Disesuaikan dengan mayoritas penduduk Indonesia yang menganut agama Islam, daging babi diganti dengan daging sapi, daging ayam, udang atau ikan yang mana jauh lebih halal.

Pada umumnya, bakso direbus bersamaan dengan kuah kaldu, kemudian dipadukan dengan berbagai bahan pelengkap, seperti dua jenis mie (bihun dan mie keriting), daun bawang, bahkan telur dan ketupat, namun dalam beberapa kesempatan seringkali ditemukan bakso goreng yang dijual bebas oleh para pedagang bakso keliling atau kedai bakso di pinggir jalan. Karena cara pengolaha bakso yang digoreng, tentunya terdapat beberapa perbedaan di antara resep bakso kuah dengan resep bakso goreng.

Resep Bakso Goreng Kriuk

resep-cara-membuat-bakso-goreng

Bakso goreng bisa menjadi camilan pengganti sosis goreng, karena tidak disajikan dengan kuah, bakso goreng lebih mudah untuk disimpan di dalam wadah plastik dan dibawa kemana-mana dan kebanyakan anak-anak lebih menyukai bakso yang disajikan dengan cara seperti ini.

Bahan utama:

o Tidak jauh berbeda dengan bakso kuah, dalam proses pembuatannya juga membutuhkan daging. Agar semua kalangan dapat menikmati bakso, maka pilihlah daging sapi, daging ayam atau udang yang sudah jelas halal. Siapkan 1 kilogram daging sapi yang telah dicincang halus

o Siapkan 1 kilogram udang kupas yang telah dicincang halus

o Siapkan 800 gram tepung sagu

o Siapkan 50 gram tepung terigu

o Siapkan 10 butir telur ayam yang telah dikocok lepas

o Dan sesuai dengan resep bakso goreng ini, siapkan juga 600 ml minyak goreng yang mana digunakan untuk menggoreng bakso

Bumbu bakso:

o Sediakan setidaknya satu sendok teh lada bubuk

o Sediakan juga satu sendok makan garam

o Sediakan satu sendok teh gula pasir

o Dan setengah sendok teh campuran baking powder dengan baking soda, keduanya berfungsi untuk mengembangkan, menghaluskan serta membuat adonan lebih renyah.

Cara Membuat Bakso Goreng

1. Siapkan sebuah wadah besar dan tempatkan daging sapi giling bersamaan dengan daging udang giling yang kemudian ditambahkan bumbu lalu aduk adonan daging hingga bumbu menyatu keseluruhan adonan daging.

2. Di wadah yang lain, ayaklah kedua macam tepung yang telah dipersiapkan bersamaan dengan baking soda dan juga baking powder, kemudian campurkan tepung sedikit demi sedikit kedalam adonan daging sapi bergantian dengan telur sambil terus menganduk adonan dengan menggunakan sumpit, disarankan untuk mengaduk adonan searah dengan jarum jam dan lakukan secara terus menerus hingga semua adonan habis dan adonan menjadi benar-benar lengket.

3. Setelah itu, bentuklah adaonan dengan emnggunakan 2 buah sendok yang sama besarnya, kemudian goreng adonan dalam minyak goreng yang hampir memenuhi penggorengan sehingga adonan bakso bisa tergoreng dengan baik, gunakan api sedang selama proses penggorengan.

4. Goreng bakso hingga adonan bakso menjadi benar-benar matang, goreng adonan bakso sesuai dengan kebutuhan, jika masih tersisa, masukkan adonan kedalam lemari es agar tidak mudah basi.

5. Setelah itu, hidangkan bakso goreng dengan saus sambal atau kecap selagi hangat.

Resep bakso goreng yang telah Anda simak di atas, akan menjadi panduan jitu membuat bakso goreng yang mana sangat mudah untuk dicoba. Bakso goreng tidak hanya nikmat disantap dengan saus sambal saja, Anda pun bisa menyantapnya dengan saus lainnya, seperti mayones.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office