Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Buatan Sendiri

Variasi bakso kini semakin menarik saja, jika biasanya bakso yang dinimati diolah dengan baik dari daging sapi atau daging ayam dan ikan tanpa menggunakan isian tertentu, kini banyak pedagang bakso yang menjual bakso sapi atau bakso daging ayam dengan menambahkan isian tertentu, seperti bakso urat yang diisi dengan irisan tendon atau urat serta daging tetelan kasar, bakso bola tenis atau yang dikenal sebagai bakso telur yang diisi dengan telur ayam rebus, bakso gepeng yang bentuknya pipih, bakso ikan yang diolah dengan menggunakan daging ikan, dan yang paling lengkap adalah bakso khas Malang yang mana dihidangkan dengan menggunakan mie kuning, siomay, tahu, serta pangsit goreng dan berbagai hidangan bakso unik lainnya.

Berbicara mengenai bakso, sebagai pecinta bakso tentunya Anda pernah mencicipi bakso ikan, bukan?. Anda yang tertarik untuk membuat sendiri bakso ikan, dapat mengikuti cara pembuatannya dari resep bakso ikan berikut ini.

Resep Bakso Ikan Tenggiri

resep-cara-membuat-bakso-ikan

Bahan utama:

o Siapkan 300-400 gram daging ikan ekor kuning atau daging ikan tengiri

o Siapkan juga satu butir telur dan ambil putih telurnya saja

o Siapkan satu sendok teh garam

o Siapkan satu sendok teh merica bubuk

o Siapkan 3-4 sdt air es

o Siapkan setengah sendok teh kaldu bubuk

o Siapkan 2 sdm tepung maizena

Bahan lainnya:

o Dalam resep bakso ikan ini, Anda membutuhkan bahan-bahan pelengkap, seperti semangkuk air es batu yang mana digunakan untuk merendam bakso ikan juga membasahi tangan

Cara Membuat Bakso Ikan

1. Langkah pertama, siapkan ikan tengiri atau ikan ekor kuning segar dan pisahkan antara daging dengan kulitnya dengan menggunakan pisau tajam atau cukup dengan kerok memakai sendok. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan ikan tengiri saja karena lebih mudah untuk dipisahkan dan diambil dagingnya, ikan tengiri memiliki tulang yang jauh lebih sedikit dan dagingnya cukup tebal. Berbeda dengan ikan ekor kuning yang lebih banyak memiliki duri, namun rasanya lebih manis dan menghasilkan adonan bakso ikan yang jauh lebih lembut.

2. Untuk mempermudah proses penggilingan, Anda bisa menggunakan food processor, namun jika tidak punya, Anda bisa memakai pisau dan mencincang ikan secara manual hingga hancur dan menjadi lebih lembut.

3. Setelah semua daging ikan hancur dan membentuk sebuah gumpalan padat yang halus, bersihkan serpihan daging yang tertinggal di beberapa sisi mangkuk food processor, kemudian proses kembali daging ikan kira-kira selama setengah menit.

4. Masukkan putih telur juga air es dan proses adonan ikan kembali hingga menjadi lebih halus dan menyatu dengan baik, kemudian tambahkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan aduk kembali hingga seluruh adonan terbumbui dan rasanya sudah sesuai dengan selera Anda.

5. Setelah adonan tampak lebih lembut dan kenyal, keluarkan adonan dari dalam mangkuk food processor dan tuangkan adonan ke atas permukaan talenan lalu taburi adonan dengan tepung maizena dan aduk hingga merata dengan tangan.

6. Namun, jika Anda tidak memakai food processor, maka cincanglah daging ikan di atas talenan hingga daging ikan halus, lalu tambahkan merica, kaldu bubuk, garam dan juga tepung maizena, cincang adonan ikan dan campur semua bahan.

7. Siapkan mangkuk yang telah diisi dengan air es, kemudian basahi tangan Anda dengan memakai air es tersebut lalu ambilah adonan dan banting adonan ke atas telenan beberapa kali hingga tekstur adonan menjadi sangat halus.

8. Terakhir dari resep bakso ikan ini yaitu rebus bakso ikan yang telah dibentuk menjadi bulatan dan didinginkan di dalam air es selama beberapa menit hingga bakso mengapung dan bakso pun siap dihidangkan menjadi berbagai makanan yang lezat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office