Resep dan Cara Membuat Kastengel Gurih dan Kaya Keju

Kue kastangel menjadi salah satu andalan kue kering saat hari raya lebaran tiba, menjadi kue khas lebaran untuk menjamu tamu, buah tangan untuk orang tua di kampung atau menemani liburan hari raya lebaran.

Rasa kue kering ini sangat khas dan berbeda dari kue kering lainnya yang terasa manis, kue kastengel memiliki perpaduan cita rasa yang unik, rasa asin gurih yang mana berasal dari keju. Untuk membuat kastengel yang lezat, Anda bisa mengikuti resep kastengel berikut ini.

Resep Kastengel Spesial

resep-cara-membuat-kastengel

Bahan utama:

- Dari sekian banyak kue kering yang ada, kue kastengel termasuk pada kategori kue kering yang cukup disukai, terutama oleh mereka yang suka keju. Bahan utama kue kering kastengel, terdiri dari 300 gram margarin yang dicampurkan dari 2 janis bahan (200 gram margarin yang dicampur dengan 100 gram mentega)

- Siapkan dua butir telur ayam yang telah diambil kuning telurnya saja

- Siapkan satu butir telur yang simpan di suhu ruang

- Siapkan 300 gram keju cheddar yang telah diparut (disarankan untuk memakai keju edam) sisakan beberapa sendok parutan keju ini untuk taburan kue

- Siapkan dua sendok teh ekstrak vanilla

- Siapkan dua sendok makan susu bubuk

- Siapkan 100 gram tepung maizena

- Siapkan 250 gram tepung terigu serbaguna yang berprotein sedang atau tepung terigu protein rendah

Resep kastengel untuk bahan olesan:

- Sebagai bahan olesan, sediakan satu butir kuning telur dan satu sendok teh air serta satu sendok teh minyak goreng

Cara Membuat Kastengel

1. Membuat kue kastengel yang gurih dan lezat bisa dimulai dengan memasukkan mentega ke dalam wadah mixer dan kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai adonan menjadi lebih lembut dan berwarna pucat, tambahkan kuning telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sehingga tercampur merata dengan adonan mentega

2. Tingkatkan kecepatan mixer menjadi kecepatan sedang dan kocok selama 10 menit setelah 10 menit berlalu, turunkan kecepatan kembali dan masukkan parutan keju lalu kocok adonan sampai adonan tercampur rata dan matikan mixer.

3. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu sambil terus diaduk dengan memakai spatula hingga adonan tercampur rata

4. Siapkan selembar kertas baking dan letakkan di atas meja datar, bagi adonan menjadi dua bagian dan letakkan salah satu adonan di atas kertas baking, lalu lipatlah sedikit kertas baking hingga adonan kue sedikit tertutupi dan tekan adonan dengan telapak tangan sampai adonan menjadi pipih lalu gilas dengan memakai kayu penggilas sehingga ketebalan adonan mencapai 1 cm.

5. Potong adonan kue kastengel dengan pisau menjadi bentuk memanjang dengan lebar sebesar 1 cm dan panjang 4 cm, Anda bisa memakai scrapper untuk mempermudah proses pemotongan.

6. Tata adonan kue yang telah diolesi dengan kocokan kuning telur dan telah ditaburi dengan parutan keju di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas baking dan panggang di dalam oven selama 20 menit atau sampai permukaan atas kue kering berwarna kuning keemasan.

7. Keluarkan kue kastengel yang sudah matang dan dinginkan, setelah dingin tata di dalam toples dan tutup sampai rapat. Dan kue kering kastengel bisa Anda nikmati kapan saja disaat Anda dan anggota kelurga menginginkannya.

Resep kastengel ini cukup sederhana dan mudah, sangat sesuai untuk Anda yang baru belajar membuat kue kering dengan rasa keju yang khas ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office