Resep dan Cara Membuat Kuah Bakso Lezat dan Gurih

Bakso atau baso merupakan bola daging yang sangat terkenal di Indonesia, pada umumnya baksod dibuat dari berbagai bahan makanan, seperti daging sapi yang digiling halus dan tepung tapioca, namun bakso juga bisa diolah dengan menggunakan daging ayam atau ikan bahkan udang.

Bakso biasa disajikan dalam kondisi panas dengan kuah kaldu sapi bening yang kemudian dicampur dengan mie keriting, bihun, tahu goreng, taoge, telur, dan taburan bawang goreng, untuk menambah cita rasa, beberapa orang cenderung menambahkan kecap manis, saus sambal atau sambal cabai merah.

Karena bakso sangat populer di Indonesia, sebenarnya tidaklah sulit menemukan jajanan ini, cukup banyak pedagang yang menjual bakso dipinggir jalan maupun di restoran. Walaupun mudah untuk didapatkan, tidak ada salahnya jika Anda membuat sendiri bakso yang tentunya jauh lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Untuk mempermudah Anda membuat bakso, pelajari terlebih dahulu resep kuah bakso berikut ini.

Resep Kuah Bakso Lezat

resep-cara-membuat-kuah-bakso

Bahan utama:

o Membuat kuah bakso yang sedap dibutuhkan beberapa bahan, yakni 250 gram daging sapi

o Siapkan juga 750 gram daging sapi yang memiliki tulang

o Siapkan 15 siung bawang merah yang telah dihaluskan

o Siapkan 7 siung bawang putih yang juga telah dihaluskan

o Siapkan empat sendok makan kemiri yang sudah ditumbuk halus

o Siapkan satu sendok makan garam

o Siapkan lada hitam bubuk secukupnya

o Dan juga satu liter air putih

Bahan pelengkap:

o Resep kuah bakso ini membutuhkan bahan pelengkap yang biasanya hampir selalu digunakan, yakni bawang goreng

o Daun bawang segar yang telah diiris kecil-kecil

o Dan juga 20 butir bakso daging sapi

Cara Membuat Kuah Bakso

1. Membuat kuah bakso sapi sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa bahan utama, yakni daging sapi segar sekaligus daging sapi yang memiliki tulang dan juga beberapa bumbu dapur lainnya. Kenikmatan kuah bakso terletak pada rasa kuahnya yang kuat yang mana berasal dari air kaldu daging yang diperoleh dari rebusan kedua jenis daging dan juga bumbu dapurnya. Untuk membuat kuah bakso, Anda membutuhkan panci presto atau jika tidak ada Anda bisa memakai panci biasa.

2. Tempatkan panci presto keatas kompor, lalu masukkan kedua jenis daging yang telah Anda sediakan sebelumnya, kemudian tuangkakan air dan nyalakan kompor. Tunggu selama beberapa saat hingga air rebusan mendidih dan panci presto mendesis baru kemudian matikan kompor. Dan kuah bakso pun siap untuk digunakan.

3. Siapkan satu buah mangkok, kemudian tata mie keriting, mie bihun, irisan daun bawang di dalamnya, kemudian tuangkan kuah bakso beserta beberapa bakso dan taburi dengan bawang goreng, Anda bisa menambahkan kecap manis dan saus sambal atau sambal cabai rawit sesuai selera. Dan bakso sapi dengan kuah bakso pun siap untuk dinikmati bersamaan dengan ketupat dan kerupuk.

Resep kuah bakso selain menggunakan daging sapi juga bisa dengan daging ayam atau ikan, hanya perlu menyesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan Anda saat ini, cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan cara di atas, dengan catatan perhatikan batasan waktu disaat merebus daging, karena tekstur daging sapi berbeda dengan tekstur daging ayam atau ikan, jadi lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus dan mendapatkan air kaldu daging pun berbeda-beda, jangan sampai daging menjadi terlalu matang atau bahkan setengah matang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office