Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Lembut

Kue lumpur merupakan kue basah yang bertekstur lembut yang mana sangat cocok dihidangkan sebagai santapan keluarga atau untuk menjamu tamu merayakan perayaan tradisional. Kue lumpur dibuat dari santan, tepung terigu yang dicampur dengan kentang, telur, vanilla dan kismis di permukaan atas kuenya.

Membuat kue lumpur cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti panduan yang tertulis di dalam resep kue lumpur dengan baik dan benar sehingga mendapatkan hidangan kue lumpur yang lezat dan lembut. Menjadi jajanan pasar yang sangat digemari, dinamakan kue lumpur karena tekstur kue yang lembut seperti lumpur, dan untuk mendapatkan tekstur lembutnya ini, biasanya adonan kue lumpur ditambahkan dengan rebusan kentang.

Ketika membuat kue lumpur, pastikan jika Anda menyaring adonan terlebih dahulu baru kemudian memasukkannya kedalam cetakan, tujuannya agar tekstur kue lumpur lebih lembut dan juga Anda bisa memakai cetakan cup cake bila Anda tidak memiliki cetakan kue lumpur.

Resep Kue Lumpur

resep-kue-lumpur-lembut

Bahan-bahan:

- Untuk membuat kue lumpur yang lezat, Anda membutuhkan 500 gram tepung terigu (direkomendasikan untuk memakai tepung terigu segitaga biru)

- Siapkan juga 250 gram kentang rebus atau kentang kukus yang telah dihaluskan hingga teksturnya menjadi benar-benar halus

- Siapkan juga 850 ml santan cair

- Sediakan 250 gram margarin yang telah dicairkan sebelumnya

- Sediakan empat butir telur ayam

- Sediakan 250 gram gula pasir

- Setengah sendok teh garam atau sesuaikan saja dengan selera

- Resep kue lumpur akan lengkap jika Anda menambahkan setengah sendok teh vanilli

- Siapkan juga daging dari satu buah kelapa muda

- Dan terakhir untuk taburan di atasnya, sediakan kismis secukupnya

Cara Membuat Kue Lumpur

1. Untuk membuat kue lumpur yang lezat dan lembut, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan gula pasir, vanilli dan telur ayam untuk kemudian dikocok hingga tercampur merata, kurang lebih kocok adonan selama 10 menit.

2. Setelah adonan terkocok dan tercampur merata, masukkan kukusan atau rebusan kentang kedalamnya sambil diaduk kembali sampai adonan kentang menyatu dengan adonan sebelumnya

3. Baru kemudian, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu kedalam adonan sambil terus diaduk hingga semuanya tercampur merata lantas lanjutkan dengan menuangkan santan, margarin cair dan juga garam kedalam adonan dan aduk kembali hingga adonan tercampur merata

4. Panaskan cetakan khusus yang mana biasanya digunakan untuk mencetak kue lumpur dan olesi secukupnya dengan margarin

5. Setelah cetakan kue lumpur panas, tuangkan adonan kue lumpur kedalam semua cetakan yang tersedia dan masak kurang lebih selama 1-2 menit lamanya, jangan lupa untuk menambahkan kelapa muda serta kismis ke atasnya, tepatnya saat kue lumpur setengah matang baru kemudian masak kembali selama dua sampai tiga menit atau hingga permukaan atas kue lumpur mulai padat dan menandakan jika kue lumpur tersebut sudah matang.

6. Setelah semua kue lumpur matang, angkat dan sajikan kue lumpur ke atas piring saji

Resep kue lumpur ini bisa dicoba kapan saja disaat waktu senggang, karena resepnya yang sangat mudah, Anda bisa mengikuti dan mencoba mempraktekkan resep ini, dan niscaya tidak lebih dari satu jam, kue lumpur sudah matang dan siap untuk dinikmati bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Kue lumpur termasuk pada jajanan tradisional yang difavoritkan, akan menambah pengalaman jika Anda mengetahui bagaimana cara membuat kue lumpur dengan baik.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office