Resep dan Cara Membuat Lasagna Sederhana yang Menggoda

Lasagna merupakan makanan khas dari Italia yang sangat terkenal di seluruh dunia, tidak terkecuali dengan Indonesia. Lasagna atau bisa juga disebut sebagai lasagne merupakan pasta yang diolah dengan cara dipanggang di dalam oven.

Kunci keberhasilan dari membuat lasagna terletak pada saat mengolah adonan dan memanggang, lasagna tidak bisa dipanggang terlalu lama karena akan membuat lasagna keras. Berikut ini resep lasagna yang sederhana dan mudah untuk dicoba.

Resep Lasagna Praktis dan Enak

resep-cara-membuat-lasagna-enak

Bahan utama:

a. Enam lembar kulit lasagna

b. 250 gram daging sapi cincang

c. 150 gram keju yang telah diparut kasar

d. Lima buah jamur merang/jamur kancing atau jamur champignon

Resep lasagna untuk bumbu saus daging:

a. Satu buah bawang bombay berukuran sedang yang telah dicincang kasar

b. Empat siung bawang putih yang telah dikeprek dan dicincang halus

c. Tiga buah tomat merah segar yang telah direbus dan dibuang kulitnya

d. Empat sendok makan saus spaghetti

e. 3 sdm saus tomat botolan

f. Seperempat sendok teh oregano bubuk

g. Seperempat sendok teh daun basil kering

h. Seperempat sendok teh italian seasoning

i. Setengah sendok makan gula pasir

j. Satu sendok teh garam

k. Setengah sendok teh merica hitam yang telah ditumbuk halus

l. Satu sendok makan minyak yang nantinya akan digunakan untuk menumis bumbu

Bahan dan bumbu saus putih:

a. 1 sdm mentega/margarin

b. 2 sdm tepung terigu

c. 500 ml susu cair atau setara dengan 3 sdm susu bubuk yang telah dilarutkan dengan air

d. Setengah sendok teh merica hitam yang telah ditumbuk halus

e. Seperempat sendok teh garam

f. 50 gram keju parut

Cara Membuat Lasagna

1. Membuat lasagna yang lezat bisa segera dilakukan dengan cara menumis bawang putih sampai harum, setelah itu masukkan daging cincang dan masak hingga daging berubah warna, tambahkan saus spaghetti, cincangan tomat segar, saus tomat, oregano, italian seasoning, daun basil, merica bubuk, gula pasir dan garam serta kaldu bubuk sambil diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan jamur dan masak sampai kuah mengental.

2. Kulit lasagna direbus dengan air yang telah diberi sedikit garam hingga kulit lasagna al dante, setelah itu angkat kulit lasagna dan pisahkan satu sama lainnya, upayakan untuk tidak menumpuknya

3. Untuk membuat saus putih, awali dengan memanaskan mentega hingga mentega meleleh setelah itu masukkan tepung terigu, sambil terus diaduk hingga kedua bahan tercampur merata dan adonan berwarna kuning, masukkan sedikit demi sedikit susu cair sambil terus diaduk, tambahkan garam, merica, parutan keju, dan aduk adonan saus pituh sampai kejunya meleleh dan menyatu dengan bahan lainnya, tiriskan.

4. Panaskan oven dan atur suhunya agar mencapai 175°C dengan pengaturan api bawah dan api atas

5. Siapkan sebuah loyang dan tata kulit lasagna dengan baik di dasar loyang, tuang saus daging, lanjutkan dengan menuangkan adonan saus putih dan terakhir taburi dengan parutan keju, setelah itu, tata kembali beberapa kulit loyang di atas parutan keju dan kembali tuangkan saus daging, saus putih dan parutan keju, pada lapisan paling atas, usahakan untuk menambahkan parutan keju setelah Anda memanggang lasagna selama 20 menit pertama dan dilanjutkan dengan mematangkan lasagna yang memakan waktu 15-20 menit.

Resep lasagna yang lezat dan sederhana ini cocok sekali bagi Anda yang hobi menikmati western food. Dalam proses pemanggangan, usahakan untuk melapisi loyang lasagan dengan loyang yang lebih tipis, tujuannya untuk memudahkan Anda ketika mengeluarkan lasagna dari dalam oven.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office