Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Sunda yg Gurih

Masakan yang satu ini sangatlah terkenal di kalangan masyrakat Indonesia, hampir semua orang pernah mencicipinya bahkan ada yang menjadikan sayur asem sebagai menu makanan sehari-hari yang dihidangkan bersama dengan tempe dan tahu goreng serta sambal terasi.

Sayur asem termasuk makanan khas Sunda dan bisa dikatakan sebagai makanan utama yang sangat populer di Jawa Barat. Resep sayur asem sunda memang tidaklah jauh berbeda dengan resep sayur asem daerah lainnya, perbedaannya terletak pada cita rasa khas sayur asem dan sajian sayur asem itu sendiri. Sayur asem sunda rasanya sangat segar dan berkualitas tinggi.

Anda yang tertarik untuk mendalami aneka resep masakan sayur asem, termasuk di dalamnya adalah sayur asem sunda dapat mencoba untuk membuat sayur asem khas sunda dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Resep Sayur Asem Sunda

resep-cara-membuat-sayur-asem-sunda

Bahan yang dibutuhkan:

o Siapkan 200 gram nangka muda yang telah dipotong-potong dan dibersihkan

o Siapkan 2 buah jagung muda manis besar dan potong menjadi beberapa bagian kecil sehingga mudah untuk disantap dan tidak memenuhi mangkuk

o Siapkan kacang panjang dan potong kecil-kecil, kira-kira sepanjang 3 cm

o Siapkan 75 gram kacan tanah yang kulitnya sudah dikupas dan sudah dibersihkan

o Satu buah labu siam yang telah dibersihkan dan dipotong dadu kecil

o Siapkan buah melinjo muda yang berbiji

o Siapkan daun melinjo muda yang masih segar

o Siapkan 3 buah cabai hijau besar dan dipotong kecil sepanjang 2 cm

o 3 cm lengkuas yang telah dimemarkan

o Air untuk merebus secukupnya, yakni sekitar 1.5-2 liter

o Dan untuk melengkapi rasa gurih dan segar dari resep sayur asam sunda ini, jangan lupa untuk menambahkan air asam secukupnya

Bumbu yang perlu dihaluskan:

o Dibutuhkan antara 2-3 siung bawang putih

o Dibutuhkan antara 5-6 siung bawang merah

o Terasi yang sudah dibakar secukupnya

o Tiga buah cabai merah

o Garam secukupnya

o Dan juga 1 sdm gula merah

Cara Membuat Sayur Asem Sunda

1. Rebus air sampai mendidih, lantas masukkan semua sayuran yang teksturnya keras terlebih dahulu hal ini perlu dilakukan untuk menjaga tekstur sayuran, sehingga disaat dihidangkan nanti, tidak ada sayuran yang belum matang atau terlalu matang.

2. Lantas, masukkan bumbu halus dan masukkan daun salam setelahnya lalu lengkuas dan biarkan sampai air mendidih.

3. Setelahnya, masukkan semua sisa sayuran yang mudah layu dan mudah melunak, seperti daun melinjo, kacang panjang dan cabai hijau bisa ditambahkan juga dengan cabai merah untuk meningkatkan rasa pedasnya.

4. Langkah terakhir, masukkan bumbu, mulai dari gula, garam serta air asam, kemudian diaduk hingga bumbu menyatu dengan air rebusan dan sayuran.

5. Dan sayur asem sunda ini siap untuk dihidangkan selagi panas

6. Atau, Anda bisa membuat sayur asam dengan memakai air santan sebagai pengganti air putih yang biasanya digunakan untuk merebus sayur asem. Pemakaian santan sebagai pengganti air putih ini, berfungsi untuk meningkatkan rasa gurih pada masakan sehinnga masakan menjadi lebih gurih, sedap dan segar.

Resep sayur asem sunda sebenarnya tidak berbeda jauh dengan resep sayur asem Jakarta, bedanya sayur asem dari sunda ini memiliki kuah sayur asem yang jauh lebih kental karena memakai santan di dalamnya dan rasanya sudah jelas jauh lebih gurih dan segar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office