Resep dan Cara Membuat Udang Balado Kemangi Pedas

Tahukah Anda jika udang kaya akan kandungan protein? hidangan laut merupakan pilihan alternatif dari hidangan daging sapi atau daging ayam, hampir semua orang menyukai hidangan laut, entah itu ikan, cumi-cumi, kerang, udang atau bahkan kepiting.

Menjadi pilihan utama atau pilihan alternatif tergantung kebutuhan, karena baik daging sapi, daging ayam maupun hidangan laut, semuanya mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membangun fungsi tubuh dengan cukup baik sehingga tubuh tetap segar dan sehat.

Dikemas dalam menu yang cukup menggiurkan, udang kerapkali membuat penikmat hidangan laut tertarik untuk mencobanya, sedikitnya 2-3 kali dalam satu minggu, Anda akan menyantap menu makanan yang diolah dari ikan dan lainnya. Resep udang balado adalah contoh resep hidangan laut yang dibuat dengan cara mengolah udang dengan memakai berbagai bumbu dapur dan rempah. Dipadukan dengan daun kemangi yang beraroma khas sehingga bau amis dari udang bisa berkurang dan rasa makanan ini pun jauh lebih nikmat.

Resep Udang Balado

resep-cara-membuat-udang-balado

Bahan utama:

o Siapkan 400 gram udang yang telah dikupas dengan baik, hanya sisakan saja bagian ekornya

o Minyak goreng

o Dan siapkan juga segenggam daun kemangi segar

Bahan bumbu balado:

o Karena ini adalah resep udang balado, maka yang harus Anda buat adalah bumbu balado yang mana bisa didapatkan dengan mengumpulkan semua bahan bumbu balado, dimulai dengan menyediakan empat siung bawang putih

o Enam siung bawang merah

o Tujuh buah cabai rawit (semakin banyak bumbu balado akan semakin pedas)

o Satu buah tomat segar yang berukuran besar

o Tiga buah cabai merah yang berukuran besar

o Satu sendok teh terasi

o Satu sendok teh garam

o Tiga sendok teh gula pasir

o Dan terakhir dua butir kemiri

Cara Membuat Udang Balado

1. Setelah semua udang selesai dibersihkan dan disiangi dengan baik, rendamlah udang dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian masukkan kedalam lemari es dan biarkan selama beberapa menit, hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan bau amis dari udang

2. Setelah itu, haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, tomat besar, terasi, gula, garam dan kemiri hingga benar-benar menjadi halus dan tidak meninggalkan gumpalan bumbu yang masih kasar

3. Ambil sebuah pan dan panaskan minyak, gunakan api kecil, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai aroma wanginya keluar serta berubah warnanya, setelah itu masukkan daun kemangi dan tumis selama beberapa saat hingga daun kemangi menjadi layu.

4. Keluarkan udang dari dalam lemari es, dan masukkan udang kedalam tumisan daun kemangi sambil diaduk hingga semua udang terlumuri dengan bumbu dan tunggu beberapa menit hingga udang matang, tambahkan sedikit air untuk membantu mempercepat penyerapan bumbu kedalam udang dan aduk kembali sampai air berubah menjadi lebih keruh dan kental.

5. Matikan kompor dan sajikan udang balado dengan nasi putih dan sayuran selagi hangat karena rasanya sudah cukup pedas, Anda tidak perlu membuat sambal atau menambahkan saus sambal lagi.

Resep udang balado ini sangat cocok dihidangkan untuk menemanai santap makan siang Anda, rasanya yang pedas dan gurih dengan aroma daun kemangi yang khas akan membantu membuat Anda lebih bersemangat untuk menjalani sisa hari dengan lebih baik, yang tidak menyukai pedas, tidak perlu menambahkan cabai rawit kedalam olahan bumbu balado.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office