Resep Kue Lidah Kucing Keju, Si Renyah nan Manis

Lebaran adalah momen favorit anak-anak dan keluarga karena dapat berkumpul bersama keluarga besar, sekaligus dapat mencicipi berbagai hidangan yang disajikan tuan rumah. Sajian tersebut meliputi masakan atau makanan berat, serta tentunya kue-kue khas lebaran yang memenuhi toples-toples cantik di rumah. Saat lebaran tiba, apa kue kering favorit Anda yang sudah pasti akan mengisi toples-toples kesayangan Anda di rumah? Kue nastar? Kue kastangel keju? Kue putri salju? Bagaimana dengan kue lidah kucing?

Kue lidah kucing adalah salah satu kue kering favorit saat lebaran. Tekstur kuenya yang sangat renyah namun tidak serapuh kastengel, serta memiliki rasa yang manis, menjadi daya tarik tersendiri dari kue lidah kucing. Kue ini akan semakin gurih dan renyah jika ditambahkan keju, dan pastinya anak-anak akan semakin menggemari kue kering ini. Penasaran dengan cara membuat kue lidah kucing keju? Simak saja bahan-bahan dan langkah-langkahnya pada resep kue lidah kucing keju ini.

kue lidah kucing keju

Bahan-Bahan:

-250 gram mentega

-77 cc telur, bagian putih

-140 gram gula halus

-150 gram keju cheddar, parut

-225 gram tepung terigu

-60 gram tepung maizena

-50 gram keju cheddar, diparut, sebagai bahan taburan

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue lidah kucing keju adalah mencampurkan dua bahan pertama, yakni mentega dan gula. Kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang dengan sempurna.
  2. Jika sudah mengembang, masukkan putih telur, lalu teruslah mengocok adonan sampai rata.
  3. Setelah adonan rata, masukkan bahan berikutnya yakni tepung terigu serta tepung maizena. Aduk kembali adonan hingga merata, kurang lebih selama 1 menit.
  4. Jika adonan sudah rata, kini masukkan keju cheddar yang sudah diparut, lalu diaduk lagi hingga rata.
  5. Waktunya memanggang adonan kue! Siapkan piping bag atau plastik untuk menyemprot adonan, serta siapkan juga loyang kue yang akan Anda gunakan untuk kue lidah kucing keju Anda. Oleskan mentega tipis pada loyang kue.
  6. Masukkan adonan kue Anda ke dalam piping bag, lalu gunting ujungnya untuk menyemprot adonan kue. Kemudian, semprotkan adonan kue lidah kucing keju Anda di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Jangan lupa untuk menaburi keju cheddar parut di bagian atas kue lidah kucing keju Anda.
  7. Setelah adonan kue sudah siap, panggang adonan kue di dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit.
  8. Setelah adonan kue matang, angkat loyang kue dan tunggu hingga agak dingin sebelum siap disajikan!

Tips:

-Karena menggunakan keju, adonan lidah kucing keju ini tidak akan melebar seperti adonan lidah kucing biasa yang tidak menggunakan keju. Maka dari itu, semprotkan adonan kue yang lebih besar atau lebar, agar nantinya kue lidah kucing keju Anda tidak terlalu kurus atau kecil.

-Masukkan kue lidah kucing keju Anda ke dalam toples yang tertutup rapat setelah dingin, agar kue Anda tidak menjadi alot dan kehilangan kerenyahannya.

Bagaimana? Resep kue lidah kucing keju tidak begitu sulit untuk diikuti, bukan? Dengan membuat kue lidah kucing pun Anda dapat memanfaatkan putih telur di kulkas Anda yang tersisa dari membuat berbagai resep kue lain yang menggunakan kuning telur. Jangan lupa untuk menunggu putih telur mencair dan bersuhu ruangan dulu sebelum digunakan. Jadi, jika Anda ingin menyiasati sisa putih telur Anda di kulkas, buat saja kue lidah kucing keju, ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office