Resep Kue Tart Susu, Sajian Pie Ala Indonesia

Jenis kue yang biasanya digemari oleh orang banyak, terutama anak-anak adalah kue yang memiliki rasa manis serta memiliki tekstur yang renyah, apalagi jika dilengkapi juga dengan tekstur yang lembut. Sudah terbayang rasanya? Hmm… Pasti salah satu di antara Anda sudah ngiler membayangkan salah satu jenis kue yang dimaksud. Apakah ada yang membayangkan tentang kue tart susu?

Kue tart susu sendiri adalah sebuah jenis jajanan pasar khas Indonesia berupa kue basah. Kue ini berbentuk seperti pie, hidangan khas negeri Paman Sam, sehingga memiliki dua lapisan kue. Lapisan pertama atau lapisan bawah adalah pastry atau kulit pie (crust) yang renyah, padat, namun lumer di mulut. Sedangkan pada lapisan kedua, Anda dapat menjumpai lapisan susu yang lembut dan halus, serta memiliki rasa yang manis. Sekilas resep kue tart susu serta cara membuat kue tart susu ini mirip dengan pie susu khas Bali, namun terdapat beberapa perbedaan pada resep keduanya. Agar semakin jelas, ini dia resep kue tart susu untuk Anda.

26. kue tart susu

Bahan-Bahan Lapisan Bawah:

-10 butir telur, bagian kuningnya saja

-150 gram gula pasir

-1/4 sdt garam

-1/2 sdt vanili

-3 sdm tepung terigu

-375 ml susu kental manis putih

-margarin secukupnya, untuk bahan olesan

Bahan-Bahan Lapisan Atas:

-10 butir telur, bagian putihnya saja

-100 gram gula pasir

-1/4 sdt garam

-1/4 sdt cream of tartar

-1 sdm kismis

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue tart susu adalah mengolah adonan lapisan bawah atau crust terlebih dulu. Pertama-tama, masukkan kuning telur, gula pasir, vanili dan garam di dalam wadah yang sama. Kemudian kocok keempat bahan hingga teraduk rata.
  2. Setelah keempat bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan susu kental manis putih serta tepung terigu secara perlahan. Aduk lagi hingga adonan tercampur rata.
  3. Langkah berikutnya adalah memanggang lapisan bawah atau crust dari kue tart susu. Cara membuat kue tart susu yang enak dan sedap adalah memastikan crust dari kue ini pun renyah dan menjadi pelengkap yang pas untuk lapisan atasnya. Jadi, pastikan adonan sudah tercampur dengan rata tanpa gumpalan, ya!
  4. Sebelum memanggang, olesi terlebih dulu loyang kue berukuran 20 x 20 cm atau yang berbentuk sesuai dengan selera Anda menggunakan margarin secukupnya.
  5. Setelah itu, tuang adonan ke dalam loyang kue hingga penuh. Pangganglah adonan lapisan bawah di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit atau hingga adonan hampir matang.
  6. Sambil menunggu lapisan bawah matang, kini kita buat adonan untuk lapisan atasnya. Pertama, kocoklah putih telur dengan gula pasir, cream of tartar dan garam hingga adonan mengembang, kaku dan bewarna putih.
  7. Adonan lapisan atas Anda pun sudah jadi! Mudah, kan? Nah, setelah itu tuangkan adonan lapisan atas di atas lapisan bawah atau crust kue tart susu yang sudah matang.
  8. Taburi dengan kismis, kemudian panggang kedua lapisan kue tart susu hingga matang menggunakan suhu oven yang sama seperti sebelumnya.
  9. Jika kue sudah matang, angkat dan dinginkan sebentar sebelum disajikan!

Nah, itulah beberapa bahan serta langkah yang harus Anda lakukan pada resep kue tart susu kali ini. Anda dapat mengkreasikan sendiri bahan topping atau taburan di atas kue tart susu, seperti biskuit Oreo, potongan buah kering, atau sereal. Selain itu, kue tart susu akan terasa lebih enak jika disajikan dingin setelah disimpan di kulkas. Slurrrpp!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office