Resep Kue Tradisional dari Singkong: Kue Pukis Singkong yang Sedap dan Sehat

Salah satu jajanan tradisional khas Indonesia adalah kue pukis. Kue berbentuk setengah lingkaran ini masih dapat Anda temukan di pinggir-pinggir jalan, sehingga dapat mengobati rasa kangen Anda pada kehidupan di masa lalu. Kue pukis biasanya terbuat dari adonan terigu, ragi dan gula, lalu diberikan taburan berbagai macam topping di atasnya, seperti keju, meises dan lain-lain. Namun bagaimana jika kue pukis dibuat dari bahan utama singkong? Jangan salah, rasanya pun tetap enak! Cara membuat kue tradisional dari singkong ini pun sama dengan membuat pukis pada umumnya.

4. kue tradisional dari singkong 2

Singkong adalah komoditi pangan yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Singkong dapat menjadi alternatif bahan utama kue bagi Anda yang sedang diet, karena singkong memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dari nasi namun kandungan seratnya tinggi. Selain itu, singkong juga baik untuk pencernaan Anda karena kandungan seratnya yang tinggi tadi. Singkong pun diperkaya dengan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan vitamin C. Langsung saja yuk, kita simak resep kue tradisional dari singkong ini!

 

Bahan-Bahan:

-100 gram tepung terigu protein sedang

-100 gram tape singkong

-100 ml santan hangat

-60 gram gula pasir, untuk adonan

-1/2 sdt gula pasir, untuk campuran ragi instan

-1 sdt ragi instan

-1 sdm air hangat

-2 butir telur

-2 sdm margarin

-1/4 sdt garam

-topping pilihan Anda (meises, keju, selai, atau topping lainnya)

 

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk resep kue tradisional dari singkong ini adalah melarutkan ragi instan. Ragi instan dilarutkan dengan air hangat serta gula pasir sebanyak 1/2 sendok teh. Setelah diaduk, diamkan selama 15 menit dan tunggu hingga mengeluarkan busa.
  2. Tinggalkan ragi instan, lalu haluskan tape singkong dengan santan hangat menggunakan blender. Biarkan hingga halus, lalu sisihkan.
  3. Di dalam wadah yang berbeda, kocoklah telur bersama gula pasir sebanyak 60 gram menggunakan mixer atau whisk hingga mengembang.
  4. Lalu, masukkan tepung terigu ke dalam adonan sambil diayak sebelumnya dan sambil tetap mengaduk adonan. Setelah rata dan tepung terigu sudah masuk semua, giliran larutan ragi instan yang dimasukkan. Kemudian aduk lagi hingga semuanya merata.
  5. Masukkan campuran tape singkong dan santan ke dalam adonan dengan perlahan dan sedikit demi sedikit. Terus mengaduk pelan sambil memasukkan tape singkong. Setelah teraduk rata dengan tape singkong, diamkan adonan selama 20 menit.
  6. Setelah didiamkan, masukkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya serta garam secara perlahan ke dalam adonan, sambil tetap diaduk.
  7. Jika adonan sudah tercampur rata, saatnya memanggang adonan. Siapkan terlebih dulu cetakan kue pukis, lalu oleskan margarin pada cetakan agar adonan tidak menempel.
  8. Panggang adonan yang sudah dimasukkan ke dalam cetakan kue pukis, lalu biarkan hingga setengah matang. Masukkan topping pilihan Anda, lalu tutup lagi dan kali ini biarkan sampai matang.
  9. Keluarkan kue pukis yang sudah matang, lalu sajikan hangat-hangat bersama saus tambahan atau hiasan. Jangan lupa teh atau kopi panas sebagai pendampingnya, ya!

 

Resep kue tradisional dari singkong tadi dapat Anda aplikasikan dengan mudah di rumah. Jadi, Anda tak perlu lagi keluar rumah untuk mencari tukang kue pukis, karena sekarang Anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Terlebih lagi, Anda pun sudah ikut berperan dalam memanfaatkan pangan lokal yang sehat, juga melestarikan resep kue tradisional khas Indonesia!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office