Resep Kue Tradisional Untuk Takjil; Kue Kipo Khas Jogja

Tahukah Anda dengan kue Kipo? Kue tradisional satu ini adalah salah satu hidangan khas dari kawasan Kotagede Jogja. Malah kue satu ini merupakan salah satu sisa kejayaan dari masa Mataram Kuno di tanah Kotagede. Di masa lalu Kotagede adalah ibukota dari kerajaan kuno yang sudah tumbang itu.

Resep Kue Tradisional Untuk Takjil; Kue Kipo Khas Jogja

Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menguak resep kua tradisional sarat sejarah ini dan mengangkatnya sebagi hidangan takjil istimewa. Sudah tentu dibalik bentuk sederhananya, Anda bisa menemukan kenikmatan yang menawan di lidah dan menggugah selera di saat berbuka puasa.

Kue satu ini berbentuk simpel dan berukuran kecil. Biasanya tampil dalam semburat kehijauan alami dan perpaduan rasa antara sisi dalam dan sisi kulitnya yang lembut. Karena di dalam kue ini terdapat isian parutan kelapa yang dipadu dengan gula jawa, menciptakan rasa manis yang menggoda.

Sajikan kue sederhana ini di acara istimewa Anda seperti berbuka bersama. Keunikan kua tradisional satu ini disertai kelangkaannya di banyak kota sudah pasti akan membuat semua tamu Anda ketagihan. Lalu bagaimana resep kua kipo khas Jogja ini?

Bahan baku

ΒΌ kg tepung ketan
30 ml air sari pandan
150 cc air santan hangat
Garam halus secukupnya

Bahan isi

Gula jawa sisir halus 100 gram
Kelapa parut usia sedang 150 gram
Air matang 50 cc
Garam halus secukupnya

Cara Membuat

  1. Buat adonan isi dengan merebus air bersama sisiran gula jawa sampai mendidih dan tercampur rata.
  2. Masukan kelapa parut ke dalam larutan gula bersama garam aduk rata sampai air gula sepenuhnya surut.
  3. Buat adonan kulit dengan mengaduk pelan tepung ketan bersama air sari pandan sampai merata. Tambahkan garam dan aduk sampai rata.
  4. Tambahkan santan dan uleni sampai adonan merata dan cukup kalis.
  5. Ambil adonan kulit ini sebanyak 1 sendok teh, uleni sebentar lalu pipihkan.
  6. Isi adonan kulit pipih ini dengan adonan isi dibagian tengah, lalu rapatkan pada sis tepi hingga cukup padat dan rapat.
  7. Sisihkan pada sebuah wadah datar beralas daun pisang segar.
  8. Suapkan panggangan berlapis Teflon, panggang setiap adonan berisi tadi sampai matang di kedua sisi.
  9. Angkat dan sajikan.

Mudah sekali bukan resep kue tradisional khas Kotagede Jogja satu ini? Sangat cocok sebagai takjil untuk Anda yang ingin mengadakan acara berbuka puasa dengan tema gaya tempo doeloe atau hidangan ala tradisional.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office