Resep Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap

Kepala ikan memang sulit untuk di makan. Tetapi , kepala ikan besar sungguh lezat untuk di jadikan santapan. Agar semua bumbu terserap ke relung-relung palig dalam dari lekuk dan celah kepala ikan, maka kuah Gulai Kepala Ikan Kakap memang merupakan solusi yang paling ajaib.

Kalau mengikuti sejarah “penciptaan” Gulai Kepala Ikan Kakap di Singapura, sebetulnya di masa lalu tidak ada masakan   Gulai Kepala Ikan Kakap. Di Singapura banyak di ekspor orang-orang India yang bermukiman di sana. Salah satu masakan favorit mereka adalah Gulai Kepala Ikan Kakap. Konon ceritanya, seorang juru masak muda dan miskin yang baru datang dari Tiongkok, ngiler melihat kelezatan Gulai Kepala Ikan Kakap yang di sajikan di warung tetangganya. Ia pun mengumpulkan sisa-sisa kepala ikan di tempatnya bekerja. Setelah jam kerjanya selesai, ia pun mulai merekayasa masakan gulai dari kepala ikan. Ternyata, uji cobanya berhasil. Ketika teman-teman pun ternyata menyukai Gulai Kepala Ikan Kakap kreasinya, sang koki pun berpikir untuk mencari kepala ikan berukuran besar untuk di masak menjadi gulai dan di jual kepada pelanggannya.

Gulai Kepala Ikan Kakap

Sungguh, kreasi istimewa. Bayangkan, sekarang Gulai Kepala Ikan Kakap justru lebih mahal darpada gulai ikanya. Karena itu, agar setia mengikuti sejarah penciptaananya, Gulai Kepala Ikan Kakap harus bergaya Peranakan. Artinya, bumbu India dengan gaya dan sentuhan teknik memasak Tionghoa. Bila kita perhatikan, Gulai Kepala Ikan Kakap bumbunya selalu terasa lebih halus dan soft. Berbeda dengan gulai dari daging sapi atau kambing. Gulai Kepala Ikan Kakap harus memunculkan tone asam dari asam kandis atau asam gelugur untuk menghilangkan aroma dan cita rasa manis.

Dari Singapura, popularitas Gulai Kepala Ikan Kakap menjalar ke Medan, lalau Jakarta. dan kemudian ke semua daerah. Bahkan, di Aceh pun sebetulnya Gulai Kepala Ikan Kakap adalah sajian restoran, bukan sajian perhelatan. Kreasi baru yang populer berbaur sebagai kuliner tradisional.

Baca Juga :

Favorit saya untuk Gulai Kepala Ikan Kakap justru dapat di temukan di Jakarta, di RM Medan Baru,Jl, Krekot Bunder 65, Pasar Baru, Jakarta pusat, 021 3858992. Ini memang rumah makan yang menyajikan masakan Aceh dengan sentuhan Medan, mungkin memang tidak asli Aceh sangat, tetapi cocok untuk lidah nasioanal yang mengapreasi the refined version of local cuisine. Kepala ikannya di pilih yang paling segar dari ikan kakap putih ( barramudi ) , dengan ukuran besar, sehingga bagian pipi muapun kolagennya sunguh menggiurkan kelembutannya. Take your tame! Makan gulai kepala ikan yang banyak duri dan tulang memang tidk boleh terburu-buru. Nikmati saja. Biarlah waktu sesekali hilang dalam gelimang kelezatan. Jangan lupa memesan Asam Udeung Atjeh alias Sambel Ganja untuk melengkapi spectrum cita rasanya. Sambel ini tidak di buat dari ganja , melainkan di beri sebutan demikian karena efeknya yang membuat ketagihan.

 Resep Membuat Gulai Kepala Ikan Kakap

Berikut ini adalah resep generic untuk membuat Gulai Kepala Ikan Kakap.

Bahan :

1 kepala ikan kakap putih > di eblah dua
1 butir kelapa > di buat 1 ltr santan encer

Bumbu :

10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabai merah
1 kelingking jahe
1 kelingking kunyit
Semua bumbu di atas di ulek/ di haluskan.
1 jempol lengkuas > di memarkan
2 sdm sari jeruk nipis
3 batang serai > di memarkan
2 cabai merah besar> di belah dua memanjang, buang bijinya
2 cabai hijau besar > di eblah dua memanjang ,buang bijinya
2 butir asam kandis
6 lembar daun jeruk nipis
1 genggam daun temurui ( salam koja, daun kari )

Cara Memasak :

  • Bersihkan kepala ikan , lumuri dengan sari jeruk nipis dan lumuri dengan garam.
  • Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sayur, masukan serai,daun jeruk, dan lengkuas. Teruskan menumis sampai harum.
  • Masukan santan, didihkan sambil di aduk sesekali. Masukan cabai merah dan cabai hijau.
  • Kecilkan api. Masukan kepala ikan dan asam kandis.
  • Menjelang matang, masukan daun temurui untuk mengharumkan masakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office