Resep Membuat Karee Kameng Favorit Aceh

Ini juga sajian terfavorit bagi warga Aceh. Karee Kameng Favorit Aceh alias Kare Kambing adalah lauk yang hampir ada di setiap Keudeu Bu maupun di berbagai Perhelatan. Di banyak Keudeu Bu, Karee Kameng Favorit Aceh terpampang di depan kedai dalam kuali atau wajan besar yang selalu di panaskan. Masakan yang satu ini juga sering mendapat reputasi khusus berhubung banyaknya isu yang menyebut bahwa salah satu bumbu yang membuat setiap orang jadi Sakauw alis ketagihan adalah ganja.

Karee Kameng

Resep Membuat Karee Kameng Favorit Aceh

Padahal, sesungguhnya, daun ganja tidak di pakai didalam teknik maupun proses memasak Kuliner Aceh. Beberapa dapur rumah tangga memang menggunakan Biji Ganja ( disebut kaskas dalam dialek setempat ) untuk mengempuk daging ( meat tenderizer ), tetapi tidak di pakai untuk di masak . tetapi , sumber lain menyebut bahwa kaskas ( juga di sebut kacakraci ) bukanlah biji ganja, melainkan memang sejenis bumbu yang kini semakin langka adanya.

Karena Karee Kameng Favorit Aceh dapat di makan dengan nasi putih. Tetapi, bisa juga di santap dengan Roti Jala Khas aceh. Aroma karinya sangat harum karena finishing touch-nya menggunakan daun temurui alias daun salam koja. cita rasanya pun sangat nendang- mirip kari india dan arab. Kari kambing di sajikan dengan kondimen acar mentimun dan nanas. Juga sangat padam bila di padu dengan sama udeung, yaitu sambel udang yang sunggguh sangat memukau.

Baca Juga :

Tempat favorit saya meyantap Karee Kameng Favorit Aceh adalah RM Ayoh Bon ( Hasan) , JL, Krueng Raya, Banda Aceh. Mi Aceh-nya juga direkomendasikan. Di rumah – rumah penduduk , ibu-ibu juga suka mencampurkan terung/ terong goreng ke dalam Karee Kameng Favorit Aceh.

Resep Membuat Karee Kameng Favorit Aceh

Berikut ini adalah resep generic untuk membuat Karee Kameng Favorit Aceh.

Bahan:

½ kg daging kambing baian khas > di potong dadu
1 butir kelapa > di buat 500 ml santan kental

Bumbu :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 cabai merah
3 butir kemiri
2 kelingking jahe
3 kelingking kunyit
¼ sdm jintan
¼ sdt bubuk pala
½ sdt lada putih ( merica )
1 sdt ketumbar
Semua bumbu di atas di ulek/di haluskan.

5 siung bawang merah > di tajang halus
2 butir bunga lawing ( pekak, star anise )
2 butir kapulaga
2 butir cengkih
2 batang serai > di memarkan
1 kelingking kayu manis
1 sdt sari asam Jawa
1 genggam daun temurui ( salam koja, daun kari).

Cara Masak:
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sayur, masukan bawang merah, bunga lawang, kapulaga, cengkh, kayu manis,dan serai. Teruskan menumis sampai harum.

Masukan daging kambing, di aduk dan terus di tumis sampai warna daging berubah menjadi coklat. Tuangkan snatan, sari asam jawa dan teruskan memasak sampai mendidih. Aduk sesekali, dan bumbui dengan garam, secukupnya.

Kecilkan api, masukan santan, didihkan sambil di aduk sesekali. Masukan cabai merah dan cabai hijau.

Menjelang matang, masukan daun temurui untuk mengharumkan masakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office