Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan menu masakan yaitu cara membuat kuah pecel atau sambal pecel. Siapa yang tidak suka makan pecel? Pecel merupakan makanan tradisional yang bahan dasarnya biasa menggunakan berbagai macam jenis sayuran seperti daun singkong, daun pepaya, kol, kecambah dan lain-lain. Pecel menjadi enak jika dibumbui dengan bumbu kacang yang pastinya sangat enak dimakan ketika siang hari.

Sambal Pecel

Rasa enak dari pecel tergantung bagaimana kita mengolah sambal atau bumbu kuah yang digunakan. Jika kuah yang anda buat terasa enak tentunya akan membuat pecel semakin lezat dilidah kita. Di daerah jawa terutama jawa tengah dan jawa barat, pecel sangat populer sebagai jajanan atau makanan tradisional. Dengan rasanya yang pedas akan membuat lidah kita tidak mau berhenti bergoyang. Nah, jika anda ingin membuat pecel agar rasanya lebih nikmat? Silahkan anda buat bumbu pecel dengan resep dibawah ini.

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Bahan Yang Digunakan :

  • Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kg
  • Gula merah / gula jawa ½ kg
  • Caber rawit merah 10 butir
  • Cabe merah keriting 150 gr
  • Kencur 6 buah
  • Bawang putih 7 siung
  • Daun jeruk purut 10 lmbr
  • Garam 3 sdm
  • Minyak 100 ml liter
  • Air asam jawa 5 sdm

Cara Membuat Kuah Pecel :

  1. Pertama-tama kacang tanah digoreng terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan food processor atau diulek menggunakan blender. Begitupun dengan gula merah, lakukan hal yang sama hingga gula merah halus baru kemudian dua bahan ini dicampur menjadi satu.
  2. Setelah itu anda panaskan minyak untuk menggoreng cabe, kencur, bawang putih dan daun jeruk. Masak keempat bahan tersebut hingga layu dan matang kemudian sisihkan.
  3. Langkah selanjutnya tuangkan bumbu halus seperti garam dan air asam jawa kedalam kacang tanah yang telah dicampur dengan gula tadi. Aduk hingga rata dengan menggunakan tangan sambil kacang diremas-remas. Sesekali anda cicipi bagaimana rasanya jika ada yang kurang anda dapat menambahkan bumbu sesuai selera.
  4. Langkah terakhir simpan sambal pecel didalam wadah yang tertutup agar dapat bertahan lama kurang lebih hingga 1 bulan. Anda juga dapat menyimpannya pada lemari pendingin.

Nah, membuat kuah pecel sudah selesai sekarang tinggal anda mencari sayur-sayurannya yang akan anda siram menggunakan kuah sambal pecel yang telah anda buat tadi. Selamat Mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office