Resep Membuat Masakan Gulai ikan salai Khas Riau

Di Medan, anda mungkin akan melihat beberapa kali papan nama rumah makan dengan tulisan “Madina”. Ini bukan masakan dari Arab Saudi. Madina adalah sebutan umum untuk menyebut daerah Mandailing dan Natal di daerah Tapanuli Selatan. Masakan Madina memang sangat khas perpaduan antara masakan Minang, Melayu dan Batak.

Gulai ikan salai Khas Riau

Salah satu masakan khas Madina adalah gulai pedas ikan selai (ikan asap). Ada lagi sajian satu jenis yang wajib di coba Karena sungguh unik. Masakan ini di sebut pakkat, terbuat dari umbut rotan muda yang berwarna putih. Bentuknya mirip rebung kecil. Rasanya pahit, Karena itu, harus di masak dengan bumbu yang intens dan pedas. Dapat di pastikan semua rumah makan Madina menyajikan sayur dan ubi tumbuk (gulai bulung gadung). Daun singkong di tumbuk dan di masak dengan santan encer berbumbu kecombrang. Sayur sederhana ini menjadi istimewa karena juga di tambahkan rimbang atau tekokak (terung pipit) dan teri atau ikan salai. Aroma dan cita rasanya sangat khas. Cocok untuk mendampingi segala jenis lauk. Jangan lewatkan pula sambal bawang batak yang menghanyutkan.

Di rumah-rumah Madina, Gulai ikan salai Khas Riau memang pantas menjadi bintang unggulan. Ikan salai atau ikan asap yang di gunakan adalah ikan limbat, khusus di datangkan dari Pekanbaru. Aroma asap ikan salai dan kencong (kecombrang) membuat gulainya yang gurih dan lemak menjadi makin istimewa. rasa asam dari asam gelugur dan belimbing wuluh membuat gulai pedas ini terasa segar. Selain dengan nasi putih, Gulai ikan salai Khas Riau juga cocok untuk di santap dengan ikan rebus.

Baca Juga :

Menurut saya, di Medan, beberapa kedai Madina yang menyajikan masakan top markotop Gulai ikan salai Khas Riau adalah RM Nasrun Sibolga, Jalan Sisimangaraja 86, 0617367072, RM Rangkuti, Jl, Mandala Bypas 31, 061 7324282. RM Idan, Jl, Prof. HM Yamin SH 14 AF. 061 4530186.

Resep Membuat Masakan Gulai ikan salai Khas Riau

Berikut ini adalah resep generic untuk Membuat Masakan Gulai ikan salai Khas Riau.

Bahan:

4 ekor ikan limbat
1 butir kelapa > di buat santan kental sekita 300 ml dan santan encer 500 ml
3 buah belimbing wuluh > di belah memanjang menjadi dua
1 bunga kincung (kecombrang > di belah memanjang menjadi 4
1 buah tomat
1 lembar daun kunyit > disimpul
4 lembar daun salam
1 batang serai > dimemarkan
2 jempol lengkuas > dimemarkan

Bumbu :

5 cabai merah
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdm ketumbar
1 jempol jahe

Cara:

  • Haluskan semua bumbu, tumis dengan sedikit minyak sayur sampai harum. Masukan daun salam, daun kunyit, serai, lengkaus, asam gelugur, dan bunga kincung.
  • Masukan santan cair, aduk sesekali sampai mendidih.
  • Kecilkan api, masukan ikan salai.
  • Setelah ikan mulai empuk, masukan tomat, belimbing wuluh, dan cabai merah.
  • Masukan santan kental, dan masukan terus sampai santan pecah (minyaknya terpisah).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office