Resep Membuat Nasi Goreng Piritan Khas Sunda

Nasi goreng adalah makanan rakyat (comfort food) yang paling populer di Idonesia. Kadang – Kadang bila pikiran sedang buntu untuk memilih jenis makanan yang akan di pilih, orang akan berpikir langsung tentang nasi goreng. Tidak perlu berpikir lagi, you can’t go wrong.!

Tetapi begitu banyak varian nasi goreng , ada beberapa yang sunguh-sungguh istimewa . salah satu jenis nasi goreng istimewa ini adalah Nasi Goreng Piritan Khas Sunda. Piritan adalah istilah sunda untuk menyebut jeroan ikan. Karena setiap rumah makan setiap hari memproses begitu banyak ikan mas, maka jeroan nya di kumpulkan dan dipakai sebagai bahan untuk membuat Nasi Goreng Piritan Khas Sunda. Isi perut ikan juga merupakan kuliner ikonik Dayak ( kanakai, tumis perut ikan) dan Sulawesi Selatan (pepes isi perut ikan).

Nasi Goreng Piritan

Nasi Goreng Piritan Khas Sunda ini mengingatkan saya kepada Nasi Goreng Babat Khas Semarang. Bedanya, babat goreng di ganti dengan isi perut ikan yang di goreng sebentar- tidak sampai kering. Bumbunya lengkap dan terasa intens dengan tone Sunda yang jelas. Nasi Goreng jenis ini tidak memerlukan lauk lain karena sudah terasa sangat kaya dan menyenangkan.

Setahu saya Nasi Goreng Piritan Khas Sunda hanya dapat di peroleh di RM Manjabal 2 di Sidangkasih, Ciamis: dan Cabang-Cabangnya di Jl, Cijagra 66, Buah Batu Bandung ( 022 7300695), dan Soreang. Ada lagi keluarga mereka yang buka Cabang di Jl. Dr, Djun Djunan 182, Terusan Pasteur , Bandung (022 70361212). Kalo singgah ke Manjabal 2, jangan lupa memesan berbagai sajian khas mereka yang sudah melegenda. Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Ala Thailand

Resep Nasi Goreng Piritan Khas Sunda

Bahan:

1 porsi nasi putih

Jeroan dari ikan3 ekor ikan mas > buang empedunya

1 buah tomat > dibelah menjadi 6

1 satu buah daun bawang > di Rajang halus

Bumbu

¼ bawang Bombay > di Rajang halus

1 cabe merah > di Rajang halus

1 cabe hijau > di Rajang halus

2 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1 daun salam

½ serai > di geprek

Seiris lengkuas dan jahe > di geprek

Cara

  • Cuci jeroan ikan mas , lalu goreng sampai agak kering.
  • Kurangi minyak sampai sekitar 6 sendok makan. Masukan bawang merah dan bawang putih yang sudah di haluskan, dan semua bahan lain sampa harum.
  • Masukan nasi, Rajang daun bawang dan tomat , aduk sampai rata. Bila di sukai, boleh di tambahkan kecap asin atau kecap manis.
  • Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan daun kemangi.

Dan Nasi Goreng Piritan Khas Sunda sudah siap disajikan untuk keluarga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office