Resep Membuat Kerengsengan Nasi Krawu

Tidak ada perdebatan untuk menyatakan bahwa Nasi Krawu adalah sajian khas Gresik. Tetapi, tidak pula di ragukan bahwa Nasi Krawu menampilkan karakter spesifik dapur Madura. Nasi krawu memang tidak dapat di temuka di pulau Madura. Tetapi , kenyataanya,   semua penjual nasi krawu di Gresik adalah ibu-ibu asal Madura.

Nasi Krawu

Konon, Nasi Krawu pertama kali di jajakan di Gresik oleh Mbuk Su ( Ibu Sufayah ) . popularitas nasi krawu Mbok Su ini membuat bermunculanya berbagai warung nasi krawu dengan nama sama. Tidak mudah lagi mencari jejak Mbak Su yang asli , karena semua mengaku asli.

Baca Juga :

Nasi Krawu adalah Nasi Putih – biasanya di bungkus dalam daun pisang-dengan lauk default sebagai berikut: tiga jenis serundeng, sambel Madura berwarna gelap dekil dengan rasa populer pedas, dan krengsengan daging/jeroan sapi. Satu serundeng berwarna coklat dan bernuansa manis, satu lagi berwarna jingga ( oranye) bernuansa pedas. Serundeng yang ketiga berwarna coklat gelap dan agak lembab, rasanya gurih, di buat dengan keluak.

Lauk utamanya adalah Krengsengan daging dan jeroan sapi, Kkrengsengan adalah cara masak khas Jawa Timur , yaitu Bacem atau Slow Cooking dengan umbu utama kecap manis, bawang merah, dan bawang putih. Hasilnya adalah daging yang sangat empuk dan lembut, dan bumbu-bumbu meresap kesetiap sertanya. Ada juga yang memakai daging kambing untuk krengsengan. Lauk lain yang cocok untuk Nasi Krawu adalah empal dan tempe goreng.

Tentu saja Nasi Krawu Favorit saya adalah dari Mbak Su, Jl, Raden Santri , 19 Gresik ,081332100029. Mbak Su juga buka cabang di Surabaya. Di Surabaya juga ada penjual Nasi Krawu lain yang saya sukai, yaitu Nasi Krawu Bu Rida,jl, Adityawarman. Di Jakarta ada sekelompok penjual nasi krawu Gresik. Mereka menjajakan di mobil-mobil yang di parkir di sepanjang jalan yang menuju pintu masuk TMII ( Iaman Mini Indonesia Indah ).

Resep Membuat Kerengsengan Nasi Krawu

Berikut ini adalah generic Resep Membuat Kerengsengan Nasi Krawu.

Bahan:

500 Gram daging sapi khas dalam.
1 Jempol lengkuas.
4 Lembar daun salam.
4 Lembar daun jeruk nipis.
2 Batang serai.
300 ml santan kental.

Bumbu Halus:

10 siung bawang merah.
6 siung bawang putih.
4 butir kemiri.
1 jempol jahe.
1 ruas kelingking kunyit.
50 gr gula merah.
Garam secukupnya.

Cara:

  • Rebus daging sapi dengan sedikit garam. Daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, setelah matang, dinginkan dan suwir kasar.
  • Haluskan semua bahan bumbu halus, tumis dengan sedikit minyak, lalu tuangkan santan.
  • Masukan suwiran daging sapi, dan teruskan memasak sampai santan pecah dan terpisah minyaknya. Pada titik ini masakan sudah berwarna coklat kehitaman dan berminyak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office