Resep Menu Berbuka Puasa: Bubur Sumsum Buatan Rumah

Berbicara mengenai bulan Ramadhan atau bulan puasa bagi umat Muslim, menu buka puasa dan sahur menjadi salah satu topik yang tak dapat dihindari. Momen buka puasa dianggap menjadi suatu momen yang spesial, terutama jika Anda senang melewati momen tersebut dengan keluarga dan sahabat. Tak jarang jika momen buka puasa sering dijadikan ajang silahturahmi baik di dalam keluarga, maupun dengan sahabat atau rekan kerja. Terdapat banyak sekali pilihan menu makanan atau minuman yang dapat Anda jadikan resep menu berbuka puasa. Pada umumnya, menu buka puasa akan diisi dengan berbagai minuman yang segar, serta beberapa kudapan yang manis maupun asin. Setelah itu, barulah menu buka puasa diisi dengan makanan berat. Hal ini dilakukan agar lambung Anda tidak ‘kaget’ saat mendapatkan asupan makanan setelah seharian berpuasa. Nah, jika Anda ingin membuat momen berbuka puasa Anda lebih istimewa lagi, bagaimana jika kali ini Anda membuat sendiri takjil alias makanan pembuka puasa sendiri?

Bubur Sumsum

Salah satu menu berbuka puasa yang dapat menjadi alternatif adalah bubur sumsum. Siapa yang tak mengenal jajanan pasar tradisional khas Indonesia ini? Sajian bubur ini diberi nama sumsum karena warnanya yang putih seperti sumsum pada manusia. Bubur sumsum memiliki rasa yang enak, dengan paduan gurih dari santan, manis dari saus gula merah, dan teksturnya yang sangat lembut di mulut. Tak heran jika bubur sumsum sering sekali menjadi pilihan umat Muslim sebagai menu pembuka puasanya. Jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah, simak saja resepnya di bawah ini.

Bahan-Bahan Bubur Sumsum:

-1,500 ml santan, terbuat dari 1 ½ butir kelapa

-100 ml air campuran daun pandan dan daun suji, 5 lembar daun pandan + 25 lembar daun suji

-150 gram tepung beras

-1/2 sdt garam

-50 gram gula pasir

-100 gram kacang merah, rebus

Bahan-Bahan Saus Gula Merah:

-250 gram gula merah, serut tipis

-125 ml air

-1 lembar daun pandan, ikat

Bahan-Bahan Saus Santan:

-500 ml santan

-1/4 sdt garam

-1 lembar daun pandan, ikat

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama untuk membuat resep menu berbuka puasa yang satu ini adalah mencampurkan beberapa bahan. Di dalam sebuah wadah yang besar, masukkan santan, air campuran daun suji dan pandan, tepung beras, gula pasir, serta garam. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk-aduk hingga menjadi rata. Masaklah semua bahan ini hingga meletup-letup dan matang. Aduk terus selama proses memasak.
  2. Jika sudah matang, masukkan kacang merah yang sudah direbus, lalu aduk lagi hingga rata. Bubur sumsum Anda sudah jadi! Sisihkan dan biarkan mendingin.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuat saus gula merah. Caranya mudah, cukup rebus beberapa bahan secara bersamaan. Masukkan gula merah, air, serta daun pandan ke dalam panci. Rebus semua bahan tersebut hingga gula menjadi larut dan mengental. Saus gula merah Anda juga sudah jadi! Angkat dan sisihkan.
  4. Terakhir, saatnya membuat saus santan Anda. Caranya, rebuslah santan, daun pandan, dan garam. Aduk terus hingga rata dan mendidih atau matang, kemudian angkat dan sisihkan.
  5. Sajikan bubur sumsum Anda dengan siraman saus santan dan saus gula merah. Hmm!

Tak begitu sulit, bukan? Bubur sumsum yang terlihat cukup rumit rupanya hanya memerlukan beberapa langkah memasak saja. Oh iya, resep menu berbuka puasa di atas dapat Anda buat dalam waktu 10 menit saja untuk memasak, dan dapat menghasilkan 6 porsi sekali masak.

Sumber: http://www.bacaresepdulu.com/resep-bubur-sumsum/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office