Resep Oseng Oseng Mercon: Siap untuk Merasakan Pedasnya?

Apakah Anda familiar dengan jenis masakan yang satu ini? Oseng oseng mercon adalah salah satu jenis masakan yang sebenarnya modern alias baru muncul pada beberapa tahun belakangan ini. Oseng oseng mercon konon muncul pertama kali di Yogyakarta pada sekitar tahun 2000-an. Jenis hidangan ini kemudian menjadi sangat populer karena dinilai original, menarik dan menantang karena rasanya yang super duper pedas. Namanya saja oseng oseng mercon, yang berarti masakan yang ditumis atau dioseng-oseng, dan mercon yang berarti petasan. Artinya, masakan yang ditumis ini memiliki rasa yang sangat pedas sampai-sampai bisa memekakan telinga Anda seperti bunyi petasan atau mercon yang dinyalakan.

49. oseng oseng mercon

Oseng oseng mercon menjadi favorit bagi kebanyakan orang Indonesia yang menggemari cita rasa pedas. Indonesia memang terkenal dengan sambalnya yang pedas, karena memang banyak orang Indonesia yang menyukai cita rasa pedas, tidak seperti penduduk di negara lain. Maka dari itu, menu makanan ini sangat meledak di pasaran pada waktu itu, bahkan hingga kini menu makanan ini tersedia di berbagai kota lain selain Yogyakarta. Apakah Anda pecinta pedas? Sudah pernah mencoba masakan ini? Jika belum, tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta. Anda dapat membuat menu makanan ini di rumah, kok! Cukup berbekal resep oseng oseng mercon, Anda sudah dapat mencicipi pedasnya masakan yang dapat membakar lidah Anda ini. Simak saja resep oseng oseng mercon di bawah ini!

Bahan-Bahan Utama:

-500 gram tetelan daging sapi segar

-400 ml air matang

-minyak goreng secukupnya

Bahan-Bahan Bumbu:

-70 gram cabai merah keriting

-200 gram cabai rawit merah

-4 siung bawang putih

-10 butir bawang merah

-1 ruas jari jahe

-3 lembar daun salam

-2 ruas jari lengkuas

-gula merah sisir secukupnya

-garam secukupnya

-penyedap rasa secukupnya

Langkah-Langkah:

  1. Langkah pertama dalam resep oseng oseng mercon adalah membersihkan tetelan daging sapi. Cucilah tetelan daging menggunakan air matang hingga benar-benar bersih. Tiriskan. Sisihkan
  2. Selanjutnya, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, serta jahe dan sedikit garam. Haluskan semua bahan tersebut hingga benar-benar hancur dan halus.
  3. Setelah itu, keprek atau memarkan lengkuas, sisihkan.
  4. Saatnya menumis! Panaskan minyak di atas wajan, kemudian masukkan semua bahan bumbu yang sudah Anda haluskan sebelumnya. Tumis semua bahan hingga tercium harum. Gunakan api kecil saja, ya.
  5. Selanjutnya, masukkan daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan, kemudian aduk rata.
  6. Masukkan tetelan daging yang sudah dibersihkan sebelumnya ke dalam tumisan, aduk lagi hingga rata.
  7. Setelah itu, masukkan gula merah sisir secukupnya, aduk lagi tumisan hingga rata. Ingat ya, Anda harus terus mengaduk agar bahan-bahan tidak menjadi gosong.
  8. Tunggu hingga gula merah sisir meleleh, kemudian tambahkan air matang ke dalam wajan. Aduk lagi hingga merata.
  9. Terakhir, masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya, kemudian aduk lagi hingga semua bahan benar-benar tercampur rata.
  10. Teruslah memasak hingga tetelan daging terasa empuk dan air matangnya menyusut. Jika air sudah menyusut sebelum tetelan daging empuk, tambahkan lagi air matang secukupnya.
  11. Jika tetelan daging sudah empuk dan air matangnya juga sudah menyusut, angkat oseng oseng mercon dan sajikan dengan sepiring nasi hangat, lalapan dan kerupuk renyah!

Nah, itulah resep oseng oseng mercon yang dapat Anda buat di rumah. Mudah, bukan? Jika Anda ingin memodifikasi resep ini, Anda dapat mengganti tetelan daging dengan daging sapi atau kikil. Selamat berpedas-pedas ria di rumah!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office