Resep Perkedel Tempe Isi Keju

Perkedel tempe bisa menjadi alternatif bagi anda dan buah hati yang sudah bosan dengan perkedel berbahan dasar kentang. Meski teksturnya sedikit lebih kasar bila dibandingkan dengan perkedel kentang namun rasa perkedel ini tidak kalah enaknya bahkan cenderung tidak berat, maksudnya tidak terlalu mengenyangkan dan membuat penuh perut. Sehingga sangat cocok bila dijadikan cemilan maupun bekal anak ke sekolah.

Tempe Isi Keju

Untuk menarik si kecil agar mau memakannya maka kita harus menambahkan sedikit sentuhan dengan mengisi perkedel tempe ini dengan keju. Sehingga saat digigit rasa keju akan muncul dan meleleh di dalam mulut, si kecil pasti akan menyukainya.

Berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan

- 1 bungkus tempe segar

- 2 butir telur ayam

- 5 sendok makan tepung terigu yang sudah diayak hingga halus

- 3 siung bawang putih yang dihaluskan

- keju untuk isian bisa dipotong dadu atau diparut

- wortel dan daun bawang cincang halus untuk isian

- garam dan merica secukupnya

Cara membuat

- Potong tempe menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lalu kukus kurang lebih selama 15 menit agar teksturnya lebih empuk.

- Siapkan wadah, masukkan tempe, telur ayam, bawang putih, wortel, daun bawang, garam dan merica. Bila keju diparut masukkan sekalian dalam adonan ini. Lumatkan tempe dan aduk semua bahan hingga semuanya tercampur rata. Lalu bulatkan atau bentuk sesuai selera, bila keju dipotong dadu masukkan saat membentuk adonan.

- Perkedel sudah bisa langsung digoreng, namun bila mau ditambah dengan tepung panir juga bisa. Siapkan dua buah wadah, satu wadah untuk meletakkan tepung panir dan satu wadah lagi untuk meletakkan telur ayam yang sudah dikocok pelan. Celupkan terlebih dahulu pada telur lalu gulingkan pada tepung panir.

- Goreng perkedel dengan minyak banyak agar hasilnya bagus, pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkannya, goreng hingga warnanya kecoklatan dan bagian dalamnnya sudah matang.

Perkedel tempe isi keju siap untuk disajikan. Anda juga bisa menambah isinya dengan daging atau sayuran lainnya. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office