Resep Sponge Cake Lembut Ini Hanya Membutuhkan Waktu 10 Menit, Lho!

Dari sekian banyak jenis kue yang Anda lihat dan pernah rasakan, mungkin salah satu jenis kue yang paling dasar, basic, atau sederhana adalah sponge cake. Jenis kue ini dapat Anda kreasikan dengan berbagai cara, mulai dari isiannya, warnanya, atau hiasannya. Sponge cake sering sekali menjadi bahan dasar dari kue tart atau kue ulang tahun yang biasanya dipenuhi oleh dekorasi kue. Namun resep sponge cake lembut yang akan kami berikan kali ini tidak membutuhkan isian atau hiasan terlebih dulu untuk memiliki rasa yang enak!

Sponge cake pada dasarnya merupakan jenis kue yang berasal dari tepung, gula serta telur. Disebut sebagai ‘sponge’ karena tekstur kuenya yang kokoh namun tetap memiliki banyak rongga, sehingga menyerupai spons laut (Spongebob!). Maka dari itu, sponge cake banyak digemari oleh penikmat kue karena tektsurnya yang sederhana, lembut, dan memiliki rasa yang bisa dikreasikan.

7. sponge cake lembut

Bahan-Bahan:

-225 gram tepung terigu berprotein sedang atau rendah

-225 gram mentega, pastikan bersuhu ruangan

-225 gram gula pasir

-4 butir telur, berukuran besar

-2sdt baking powder

Bahan Pelengkap:

-selai favorit, sebagai isian

-buttercream, sebagai penghias

Langkah-Langkah:

  1. Seperti resep sponge cake lembut lainnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan oven yang akan digunakan dan mengolesi loyang kue dengan mentega. Siapkan oven di suhu 165 derajat Celcius dengan api atas dan bawah. Lalu, olesi permukaan loyang kue dengan margarine atau mentega, kemudian berikan kertas baking sebagai alasnya. Pisahkan.
  2. Di dalam wadah berukuran besar, masukkan tepung terigu serta baking powder. Masukkan dengan diayak terlebih dulu.
  3. Setelah itu, campurkan dengan mentega, telur, dan gula pasir. Lalu aduk ketiga bahan yang baru dimasukkan tadi dengan menggunakan mixer berkecepatan rendah. Aduk hingga adonannya tercampur dengan rata. Setelah terlihat rata, naikkan kecepatan mixer menjadi tinggi dan tunggu hingga adonan mengembang serta terlihat halus. Terus kocok adonan selama 3-4 menit sebelum mixer dimatikan.
  4. Tuangkan adonan kue ke dalam loyang kue secara perlahan. Ratakan adonan di dalam loyang menggunakan spatula jika ada yang belum rata. Selain itu, hentak-hentakkan loyang secara perlahan agar tidak ada rongga udara yang terbentuk.
  5. Masukkan loyang kue ke dalam oven di bagian tengah, lalu panggang selama 45 menit. Sesuaikan durasi memanggang Anda dengan ketebalan adonan Anda (tergantung pada loyang kue yang digunakan).
  6. Keluarkan kue yang sudah matang dari dalam oven, lalu biarkan kue di dalam loyang selama 5 menit atau sampai uap panasnya hilang.
  7. Setelah itu, lepaskan perlahan sponge cake dari dalam loyang, kemudian biarkan hingga dingin di atas kawat rak.
  8. Jika sudah benar-benar dingin, belah sponge cake secara mendatar, lalu oleskan selai favorit Anda di salah satu bagiannya. Tutup kembali sponge cake hingga menjadi satu bagian kembali. Oleskan buttercream di seluruh permukaan luar sponge cake. Setelah rata, potong-potong sponge cake untuk disantap!

Tips:

-Untuk cara membuat sponge cake lembut, gunakan loyang kue berdiameter 20 cm. Loyang kue yang berdiameter lebih kecil dapat membuat sponge cake tidak mengembang sempurna, sehingga hasilnya dapat menjadi bantet dan gosong.

-Untuk memastikan kue sudah matang, tusuk kue menggunakan tusuk gigi saat bagian atas kue sudah kering kecokelatan. Jika tidak ada yang menempel atau hanya adonan kue yang sudah matang, artinya kue sudah benar-benar matang. Jangan memanggang terlalu lama jika memang sudah matang, karena sponge cake dapat menjadi kering.

Sangat mudah bukan resep sponge cake lembut di atas? Resep ini bahkan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk membuat adonan yang siap dipanggang! Bisa menjadi resep penolong Anda di saat-saat genting, nih!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office