Resep Takjil Sederhana; Martabak Mini Pisang Kismis

Menu takjil memang wajib ada untuk setiap bulan puasa. Rasanya tak lengkap mengakhiri puasa tanpa hidangan takjil yang menggugah selera berbuka. Hanya saja kebanyakan orang kerap dibuat bosan dengan menu takjil yang itu-itu saja. Padahal dengan sedikit kreasi Anda bisa menciptakan hidangan unik yang nikmat sebagaimana resep takjil sederhana ini.

Resep Takjil Sederhana; Martabak Mini Pisang Kismis

Resep takjil sederhana ini menggunakan bahan baku pisang kepok atau pisang tanduk dan kismis. Hampir serupa dengan pisang goreng biasa, hanya saja tampilannya dibuat lebih elegan dengan bungkus lumpia yang juga biasa dibuat menjadi bungkus martabak mini.

Yang pasti membuat resep satu ini sangat mudah dan simpel untuk Anda praktekan. Jadi sudah tentu tidak akan merepotkan Anda yang sudah kehabisan tenaga karena berpuasa seharian. Malah sebenarnya Anda bisa meracik dan membuat bentuk mentahnya ketika malam atau pagi. Membiarkannya dalam lemari pendingin beberapa jam supaya bentuknya lebih kokoh. Untuk lebih jelasnya berikut ini resep martabak mini pisang kismis

Bahan baku :

Kulit lumpia
Pisang kepok atau pisang tanduk kecil 3 buah
Kismis 1,5 sendok makan.
Kacang kenari/ almond halus 1 sendok teh
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula halus 2,5 sendok makan
Tepung terigu 2 sendok makan
Telur 2 butir

Cara membuat :

  1. Kupas pisang dan letakan pada piring datar. Haluskan dengan garpu sampai halus.
  2. Kocok lepas telur sampai cukup mengembang dan tercampur antara kuning dan putihnya.
  3. Masukan tepung terigu, gula halus dan susu bubuk perlahan sampai benar-benar teraduk sempurna.
  4. Masukan pisang halus , kismis dan kacang yang sudah dihaluskan.
  5. Aduk adonan ini sampai rata dan simpan di dalam lemari pendingin selama 1 jam dengan tutup supaya tidak menjadi lembab.
  6. Siapkan satu kocokan telur dan kulit lumpia yang berukuran lebar.
  7. Lebarkan satu lembar kulit lumpia, ambil satu porsi adonan pisang sekitar 1 sendok sayur kecil. Ratakan dan bungkus dengan rapi dari 4 sisi sudutnya. Rekatkan ujung lipatan dengan kocokan telur.
  8. Letakan bungkusan adonan tadi pada piring beralas daun pisang. Lakukan berulang sampai adonan habis. Simpan kembali lipatan martabak tadi dalam lemari pendingin setidaknya 1 jam, supaya lipatan dan rekatan menjadi kuat.
  9. Goreng dengan minyak banyak sampai berwarna kekuningan.

Mudah dan simpel kan resep takjil sederhana tadi? Keunikan rasa pisang yang berpadu dengan ras asam segar khas kismis dan kemasan yang cantik ala martabak akan membuat hidangan takjil ini terasa istimewa dan menggugah selera.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesian Lawyers indonesia law office